Tips-Menjaga-Kesehatan-Organ-Reproduksi-Wanita

Tips Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Penyakit kanker leher rahim (serviks) adalah salah satu penyebab kematian wanita nomor satu di Indonesia. Oleh karena itu, pengetahuan tentang menjaga kesehatan organ reproduksi wanita sangatlah penting untuk menghindari resiko terburuk dari penyakit kanker serviks. Kurangnya pengetahuan ini diakibatkan oleh banyak sekali faktor.

Salah satu faktor penyebabnya adalah budaya orang Indonesia yang memang membuat masyarakat menjadi kurang nyaman untuk mendiskusikan tentang seksual dan termasuk semua organ yang berkaitan langsung dengan aktifitas seksual. Organ seksual atau reproduksi memerlukan perhatian yang lebih untuk selalu dijaga kesehatan dan kebersihannya. Faktanya, untuk menjaga kesehatan organ reproduksi sebenarnya tidak memerlukan waktu lama dan biaya yang mahal karena bisa dilakukan dengan cara yang relatif sederhana.

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Kehidupan modern perkotaan di zaman sekarang ini membuat para wanita menjadi kurang memperhatikan kesehatan organ reproduksinya. Padahal sebenarnya dengan selalu menjaga kesehatan organ reproduksi maka bisa terhindar dari berbagai ancaman kanker yang menyerang organ reproduksi. Saat ini teknologi kedokteran sudah sangat canggih, namun tentunya akan lebih baik jika bisa berusaha menjaga kesehatan organ reproduksi sedini mungkin dan tidak melulu bergantung pada perawatan medis semata. Banyak sekali masalah kesehatan yang bisa mengganggu organ reproduksi wanita seperti infeksi jamur, bakteri atau virus yang kemudian bisa mengakibatkan radang panggul atau kelainan struktur organ reproduksi.

  • Biasakanlah untuk selalu membilas organ kewanitaan hingga bersih sesudah buang air kecil dan buang air besar.
Baca...  Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Caranya dengan membasuh organ keintiman menggunakan air bersih dari depan ke belakang. Masih banyak wanita yang belum memahami hal ini sehingga banyak yang membasuh organ keintiman dari arah belakang ke depan (dari anus ke arah vagina). Cara membasuh ini justru akan membuat virus atau bakteri yang bersarang di sekitar anus mejadi masuk ke lubang organ intim.

Perhatikan cara membasuh organ intim Anda, karena hal tersebut akan mempengaruhi kesehatannya.

Dampaknya, akan timbul rasa gatal di are sekitar organ intim. Selanjutnya, basuhlah menggunakan tisu dengan sekali usap sebelum memakai celana dalam. Jangan pernah membiarkan organ intim lembab, karena jamur akan sangat cepat tumbuh dan berkembang di area tubuh yang lembab. Perhatikan juga jenis tisu yang digunakan ketika membersihkan organ intim. Pastikan bahwa tisu yang digunakan bersih dan bebas dari kuman atau bakteri penyebab infeksi.

  • Biasakan juga untuk mengganti celana dalam setidaknya 2 kali dalam sehari terlbih lagi jika cuaca sedang panas.

Pastikan juga untuk memilih jenis bahan celana dalam yang paling mudah dalam menyerap keringat. Hindari juga memakai ukuran celana dalam yang terlalu ketat karena akan menekan otot organ intim dan mengakibatkan lembab. Sebaiknya selalu menggunakan air kran yang mengalir ketika berada di toilet umum. Usahakan untuk selalu menghindari penggunaan air dari ember/bak karena berpotensi mengandung jamur dan bakteri. Hindari juga penggunaan jenis pantyliner beraroma secara terus menerus karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Sebaiknya pantyliner digunakan ketika mengalami keputihan saja.

  • Pilih jenis pembalut dengan permukaan kering dan lembut sehingga nantinya tidak akan menimbulkan iritasi ketika masa menstruasi.

Gantilah pembalut sesering mungkin terutama ketika aliran darah sedang banyak-banyaknya atau minimal diganti 5-6 jam sekali. Darah pada pembalut bisa menjadi tempat yang disukai oleh kuman penyebab infeksi untuk berkembang. Selalu bijak dalam penggunaan cairan pembersih organ intim agar tidak mengganggu keseimbangan flora dalam organ intim. Jika terlalu sering dipakai, malah akan membunuh bakteri baik yang berada di organ kewanitaan. Demikian beberapa tips sederhana dalam menjaga kesehatan organ reproduksi wanita agar terhindar dari kemungkinan berbagai penyakit yang membahayakan.

Incoming search terms:

  • Little Girls kindergarten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *