Tanda-Tanda Dari Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson merupakan penyakit saraf yang ditemukan oleh Dr. James Parkinson pada tahun 1817. Penyakit Parkinson ini ditandai dengan adanya tremor atau gerakan pada satu sisi tubuh. Lalu, kemudian berubah menjadi kesulitan pada saat menggerakkan tubuh dan akan mengalami kekakuan pada otot dan sendi. Biasanya Parkinson menyerang orang yang telah lanjut usia, hal ini disebabkan karena berkurangnya dopamine pada syaraf.

Penyebab utama dari penyakit Parkinson adalah berkurangnya dopamine pada syaraf. Hal ini disebabkan saat otak memerintahkan sesuatu dopamine ini berfungsi sebagai transmitter yang mengalirkan perintah dari otak pada syaraf. Namun pada kasus penyakit Parkinson dopamine ini tidak berfungsi dengan maksimal karena jumlahnya yang mengalami penurunan. Hingga kini tidak diketahui penyebab pengurangan dopamine pada susunan syaraf.

tanda-tanda dari penyakit parkinson

Tanda-tanda penyakit Parkinson

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit Parkinson, berikut tanda-tanda penyakit Parkinson.

  1. Indera penciuman menjadi tidak berfungsi

Penderita penyakit Parkinson kerap tidak dapat mencium bau sesuatu, dan ketika tidak bisa mencium maka indera perasa juga akan menghilang. Penyebabnya adalah dopamine merupakan pengantar yang membawa sinyal atau perintah dari otak menuju syaraf-syaraf. Dengan berkurangnya fungsi dopamine, maka indera penciuman juga akan mengalami gangguan.

  1. Mengalami susah tidur

Penderita penyakit Parkinson sekitar 40 persen dari mereka adalah yang memiliki gangguan dalam tidur cepat. Mereka kerap menggeretakkan gigi, atau bahkan menyerang pasangan tidur mereka. Atau bahkan mereka yang mengalami sleep apnea atau mereka yang mengalami kesemutan pada bagian kaki dan berhenti bernapas sejenak. Mereka yang memiliki kondisi tidur seperti di atas 40 persen dari mereka akan mengalami Parkinson 10 tahun kemudian. Namun tidak semuanya akan mengalami Parkinson.

  1. Kesulitan dalam buang air (besar dan kecil)

Tanda ini merupakan tanda awal dari penyakit Parkinson. Ini dikarenakan Parkinson mempengaruhi sistem syaraf yang mengatur aktifitas pada otot yang bekerja di perut dan kantung kemih. Hal yang membedakan sembelit pada penderita Parkinson adalah rasa kenyang walaupun makan sangat sedikit.

  1. Ekspresi wajah yang berkurang

Kekurangan dopamine dapat berdampak pada otot-otot wajah sehingga penderita penyakit Parkinson akan lambat merespon ekspresi. Mereka kerap dikatakan sebagai wajah batu atau poker face karena berkurangnya ekspresi pada wajah penderita Parkinson.

  1. Leher mengalami rasa nyeri

Tanda ini kerap terjadi pada penderita penyakit Parkinson berjenis kelamin wanita. Setelah mengalami tremor atau kaku mereka mengalami rasa nyeri di leher dengan berkelanjutan. Bahkan pada sebagian penderita mengalami kesemutan bahkan mati rasa

  1. Saat menulis menjadi lambat

Gejala yang paling mudah dikenali adalah bradykinesia yaitu hilangnya gerakan spontan. Untuk mengenali gejala ini yang paling mudah adalah melalui tulisan tangan. Selain tulisan tangan bisa juga dikenali dengan cara berpakaian dan mencuci.

  1. Suara berubah

Penderita penyakit Parkinson akan mengalami perubahan suara menjadi lebih lembut dan monoton. Hal ini disebabkan karena otot wajah penderita Parkinson menjadi kaku. Bahkan beberapa mengalami kesulitan untuk membuka mulut mereka.

  1. Lengan tidak dapat mengayun secara bebas

Gejala ini dialami penderita penyakit Parkinson yaitu mereka tidak dapat mengayunkan lengan mereka secara bebas bahkan untuk mengambil benda di atas meja tidak dapat dilakukan.

  1. Mengalami perubahan suasana hati serta kepribadian

Penderita penyakit Parkinson mengalami perubahan suasana hati dan kepribadian. Menjadi pribadi yang depresi atau mengalami kecemasan yang berlebihan. Bahkan para ahli tidak mengetahui apa penyebabnya. Mereka yang tidak pernah mengalami depresi dan tiba-tiba mengalaminya adalah salah satu tanda penyakit ini.

Demikianlah tanda-tanda penyakit Parkinson. Parkinson ini bisa dicegah dengan sering mengkonsumsi teh hijau, berolahraga serta menerapkan pola hidup yang sehat ataupun dengan terapi S Lutena. Semoga informasi dari Lintas Sehat ini dapat menambah pengetahuan tentang penyakit Parkinson ini, dan menjadi motivasi untuk menjalani pola hidup sehat.

Incoming search terms:

  • tremor merupakan gejala yang dialami penderita parkinson karena penderita
  • tremor merupakan gejala yang dialami penderita parkinson karena
  • tremor merupakan gejala yg dialami penderita parkinson karena penderita
Tagged on:
Tanda-Tanda Dari Penyakit Parkinson | Lintas Sehat | 4.5