Penyebab Mengapa Sering Pegal dan Trik Menyembuhkannya

Penyebab sering pegal itu sesungguhnya apa. Penyebab terjadinya linu, nyeri dan pegal, khususnya pada daerah tangan, kaki, kepala, pinggang serta beberapa bagian tubuh yang lainnya, itu umumnya disebabkan karena kurang relaksasi. Tubuh dapat merasakan dampak yang lebih parah, contohnya tak bergairah, nafsu makan hilang, dan resiko terserang penyakit lainnya. Oleh karena itu, Anda harus menyiasati rasa pegal tersebut. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba.

Penyebab Sering Pegal Pegal

Menyiasati rasa pegal pada bagian tubuh tertentu

Mengubah posisi duduk

Terkadang karena tuntutan pekerjaan atau kondisi tertentu, Anda harus menghabiskan waktu dengan duduk terlalu lama. Bisa Anda duduk terlalu lama karena pekerjaan depan komputer, juga bisa karena duduk pada perjalanan panjang menggunakan mobil. Di mana aktivitas tersebut akan mengakibatkan pinggang dan kaki menjadi terasa nyeri dan pegal. Memang ini terlihat seperti hal yang sepele, tetapi tetap saja sebaiknya Anda atasi masalah tersebut. Pinggul menjadi terasa pegal karena selalu menahan tubuh sebelah atas, juga kaki di posisi sama dalam waktu yang terlalu lama. Triknya adalah dengan mengubah posisi duduk, dengan cara menyandarkan tubuh, sesekali berdiri, berjalan mengambil sesuatu, dan juga meluruskan kaki. Jika Anda dalam perjalanan jauh dan tidak memungkinkan untuk berdiri di dalam mobil atau sepeda motor, maka Anda dapat menyempatkan waktu beberapa menit untuk pergi ke toilet di SPBU, sekaligus mengisi bensin dan beristirahat sebentar.

Tidur yang cukup

Kebiasaan buruk yang berikutnya yang dapat menyebabkan leher terasa kaku dan tegang, adalah kebiasaan buruk begadang. Oleh karena itu, trik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi leher yang terasa kaku dan tegang tersebut adalah dengan merubah jam tidur. Anda sebaiknya mulai membiasakan diri untuk tidur pagi, istirahatlah yang cukup, minimal 8 jam tiap harinya. Dengan begitu, selain tubuh fit keesokan harinya, leher pun tak terasa pegal.

Bantal khusus

Leher yang terasa pegal serta kaku selain karena kebiasaan begadang juga dapat disebabkan oleh kebiasaan tidur menggunakan bantal yang berposisi terlalu tinggi. Di mana posisi salah ini dapat mengakibatkan aliran darah menuju kepala menjadi tak lancar. Untuk itu, trik yang dapat Anda gunakan adalah dengan mengganti bantal Anda ke bantal khusus yang disebut dengan nama “Bantal ortopedi”. Bantal ortopedi ini merupakan bantal yang berfungsi untuk mengurangi rasa pegal pada leher, sebab bentuk dari bantal ini dapat dengan tepat menyangga leher Anda ketika tidur.

Jam istirahat

Jika memang aktivitas keseharian Anda menuntut tangan untuk beraktivitas cukup banyak, biasanya tangan akan menjadi kaku. Selain itu tangan juga kerapkali mengalami kesemutan. Contohnya saja jika Anda bekerja sebagai copywriter, atau administrasi, maka keseharian pekerjaan Anda akan berhubungan dengan keyboard komputer, belum lagi ditambah memencet keypad pada smartphone. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menyediakan jam istirahat pada tangan Anda, dengan begitu resiko tangan menjadi pegal dapat berkurang.

Dengan menghilangkan pegal, walaupun akan membutuhkan usaha atau waktu – Di mana itu tidak terlalu besar, akan memberikan keuntungan lebih kepada Anda. apabila Anda tidak pegal, entah itu tangan, kaki atau bagian tubuh yang lainnya, maka Anda pun akan bisa bekerja dengan lebih maksimal. Hasil yang Anda capai pun dapat lebih optimal, karena Anda dapat bekerja dengan konsentrasi penuh tanpa diselimuti rasa pegal yang mengganggu. Sekian artikel tentang penyebab rasa pegal dan trik menyembuhkannya, semoga bermanfaat.

Reply