Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia

Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia – Insomnia merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan tidur. Bagi sebagian orang mungkin insomnia adalah hal biasa yang tidak memiliki efek samping apapun, namun perlu anda ketahui bahwa insomia yang berkepanjangan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Pada dasarnya, insomnia ini dapat disebabkan karena berbagai hal misalnya mengkonsumsi obat-obatan tertentu, mengalami kelainan pada tingkat emosional seseorang dan menahan rasa kantuk yang berakibat pada gangguan tidur atau insomnia.

Cara Mengatasi Insomnia

Kondisi seperti ini tentu tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Nah, bagi anda yang tengah mencari tahu bagaimanca ranya mengatasi insomnia? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Insomia Dengan Mudah

  1. Kurangi Waktu Tidur di Siang Hari

Meksipun istirahat disiang hari juga penting, namun jika dimalam hari anda mengalami insomnia? Cobalah rubah kebiasaan tersebut. Hindari tidur disiang hari agar ketika malamnya anda merasa lelah dan tidur. Disiang hari anda dapat melakukan berbagai aktifitas yang bermanfaat misalnya bekerja atau berolahraga.

  1. Hindari Konsumsi Kafein Pada Malam Hari

Kebiasaan yang sering membuat kita susah tidur yaitu minum kopi dimalam hari. Kopi memiliki banyak kandungan kafein yang akan membuat mata kita terjaga lebih lama, untuk itu bagi anda yang hoby minum kopi dimalam hari? Coba hentikan kebiasaan tersebut agar anda bisa beristirahat dengan nyenyak.

  1. Membaca Buku

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi insomnia yaitu dengan membaca buku. Membaca buku secara berulang-ulang akan membuat mata kita cepat lelah dan mengantuk sehingga kita akan lebih cepat tidur.

  1. Mandi Air Hangat

Selain membaca, tidur dengan menggunakan air hangat juga dapat mengatasi insomnia. Air hangat akan mengurangi ketegangan ada otot sehingga tubuh terasa lebih rileks dalam beristirahat.

  1. Relaksasi Pikiran Sebelum Tidur

Buat tubuh anda pada posisi yang paling nyaman ditempat tidur. Hindari hal-hal yang dapat membuat kita memikirkan sesuatu yang justru nantinya membuat kita susah tidur misalnya hutang, masalah pekerjaan atau yang lainnya.

  1. Konsultasi Ke Dokter

Jika anda mengalami insomnia berlarut-larut dan sulit untuk mengatasinya? Cobalah anda berkonsultasi dengan dokter agar diberikan resep yang dapat menenangkan pikiran sehingga kita dapat istirahat dengan mudah. Insomnia yang kronis membutuhkan evaluasi dari dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Atur Jadwal Tidur

Untuk mengatasi insomnia, cobalah anda mengatur waktu istirahat anda menjadi lebih teratur dan diharap dengan cara ini anda bisa berisitirahat dan tidur dengan nyenyak ketika malam hari.

Demikianlah beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa anda coba. Semoga dari informasi yang telah kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi kita semua. Terimakasih.

Tagged on:
Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia | Lintas Sehat | 4.5