Penyakit Hepatitis B, Gejala dan Pencegahan

Anda pernah mendengar nama penyakit Hepatitis B? Hepatitis B adalah penyakit yang menginfeksi organ hati dikarenakan virus hepatitis B. Infeksi ini biasanya akan menyebabkan beberapa penyakit hati kronis selain penyakit hepatitis B seperti kanker hati, kerusakan jaringan hati hingga kegagalan hati. Penyebab penyakit hepatitis B ini tidak hanya diinfeksi oleh virus semata, melainkan juga bisa diakibatkan karena keracunan obat dan kontaminasi beberapa zat-zat kimia. Bentuk kontaminasi yang biasa menyebabkan terjadinya penyakit hepatitis B adalah terhirupnya zat kimia atau terserapnya zat-zat kimia melalui kulit para penderitanya.

Penyakit Hepatitis B

Sebenarnya virus hepatitis B ini lebih ganas jika dibandingkan dengan virus HIV/AIDS. Bahkan tak hanya itu saja, penyakit hepatitis B merupakan salah satu penyakit yang sangat menular. Penyakit ini juga merupakan penyakit yang paling serius dibandingkan penyakit lainnya. Penyakit Hepatitis B juga bisa menyerang setiap orang di berbagai jenjang usia.

Ketahui juga:

Adapun cara penularan penyakit berbahaya ini biasanya terjadi baik secara vertikal maupun horizontal. Secara vertikal maksudnya, penyakit hepatitis B bisa ditularkan oleh faktor keturunan. Misalnya, sang ibu yang menderita hepatitis B maka akan menularkan penyakitnya pada bayi yang telah dilahirkannya. Sementara secara horizontal maksudnya, penyakit ini bisa ditularkan melalui berbagai hal diluar faktor gentik seperti penggunaan alat alat tindik telinga, alat suntik, transfusi darah dan tusuk jarum. Tak hanya itu saja, penderita bisa saja menularkan hepatitis B pada calon penderitanya melalui sikat gigi ataupun pisau cukur yang digunakan bersamaan.

Gejala Penyakit Hepatitis B dan Pencegahannya

Sebagai salah satu penyakit yang berbahaya dan juga paling sering menular, maka kita perlu mengetahui lebih detail lagi mengenai penyakit hepatitis B ini. Adapun gejala seseorang terkena penyakit ini biasanya baru diketahui setelah beberapa bulan terinfeksi, dengan memiliki ciri ciri seperti berikut ini:

  1. Kelelahan
    Biasanya para penderita penyakit hepatitis B ini selalu merasa kelelahan karena tubuh harus bekerja ekstra saat fungsi hati tak mampu bekerja lebih maksimal lagi.
  2. Kuku, Kulit atau Mata tampak kekuningan
    Gejala penyakit hepatitis B biasanya terlihat pada area mata, kuku, hingga kulit yang terlihat kekuningan, atau dikenal juga dengan istilah jaundice. Biasanya mata yang berwarna kuning mencirikan bahwa orang tersebut memiliki gangguan pada hati.
  3. Kehilangan nafsu makan
    Ketika seseorang mengalami gangguan pada tubuhnya, biasanya orang tersebut akan merasakan hilangnya nafsu makan dan timbul rasa mual-mual.
  4. Perut buncit
    Hepatitis B ini juga bisa ditandai dengan perut yang semakin membuncit. Sebenarnya gejala ini bukan gejala khusus yang dialami penderita hepatitis B, karena bisa saja penderita tersebut diakibatkan penyakit lainnya seperti diabetes atau jantung.
  5. Urin berwarna gelap
    Biasanya jika urine berwarna gelap hal ini mencirikan bahwa seseorang memiliki masalah dalam tubuhnya. Ya, jika gejala ini diikuti dengan gejala hepatitis B lainnya maka dapat dipastikan bahwa Anda terkena hepatitis B.

Dari gejala-gejala penyakit hepatitis B di atas, maka kita juga perlu mewaspadai terjadinya hepatitis B dengan beberapa upaya pencegahannya berikut ini:

  • Melakukan vaksin hepatitis B, bisa dilakukan pada bayi, anak-anak, remaja, dewasa maupun orang-orang dengan daya tahan tubuh yang lemah.
  • Hindari berhubungan seksual bersama pasangan tanpa alat kontrasepsi atau pengaman, terkecuali jika pasangan Anda benar-benar tidak mengidap hepatitis B.
  • Hindari konsumsi obat-obatan yang terlarang.
  • Harus waspada ketika Anda melakukan tindik maupun tato tubuh.

Nah, itulah beberapa macam gejala dan juga pencegahan terhadap penyakit hepatitis B yang wajib diwaspadai oleh Anda maupun keluarga. Semoga artikel dari Lintas Sehat ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • apakah perut buncit gejala hepatitis
  • kuku hepatitis b
  • apakah hepatitis dapat menyebabkan perut buncit
  • perut buncit hepatitis b
  • penyakit vertikan
  • hepatitis B yg menyebabkan perut bengkak
  • hepatitis b ciri cirinya
  • Ciri hepatitis B
  • ciri ciri hepatitis b
  • perut kena hepatitis

Reply