Mengenal Lebih Mendalam Mengenai Penuaan Kulit

Penuaan kulit, mungkin Anda sering mendapatkan pertanyaan tentang ini, termasuk mengenai bagaimana perawatan kulit yang baik. Apalagi sekarang cukup banyak produk anti-aging yang beredar. Sebelum Anda pergi keluar dan memenuhi sudut-sudut ruang kamar mandi Anda dengan berbagai produk perawatan kulit, termasuk produk anti-aging, Anda sebaiknya mempelajari terlebih dahulu dasar dari struktur kulit dan faktor-faktor apa saja yang dapat mempercepat proses penuaan. Dengan informasi yang lebih lengkap, tentu itu akan semakin baik. Mari baca selengkapnya.

Penuaan Kulit

Struktur lapisan kulit

Struktur kulit manusia itu terdiri atas tiga lapisan utama, yakni lapisan dermis, subkutan dan epidermis. Tetapi sekarang yang akan menjadi pokok pembahasan artikel kali ini adalah lapisan epidermis kulit. Di mana lapisan epidermis merupakan lapisan yang posisinya terluar, yang terdapat stratum corneum. Pada lapisan ini tak terdapat pembuluh darah dan saraf, berbeda dibandingkan lapisan yang lainnya. Sebagian besar sel dalam lapisan ini adalah keratinosit. Sel ini aslinya berasal dari lapisan terdalam dari epidermis.

Keratinosit akan berpindah dari lapisan yang paling bawah menuju lapisan permukaan atau lapisan luar. Ketika mereka sampai di permukaan, mereka akan mengelupas. Sebagai seorang anak muda, waktu yang dibutuhkan untuk ini kurang lebih 30 hari. Sementara untuk seseorang yang sudah menyentuh usia 60 tahun, proses pergantian tersebut membutuhkan waktu lebih lama, yakni kurang lebih 50 hari. Tujuan utama dari anti-aging adalah untuk meningkatkan pergantian sel tersebut dengan waktu yang lebih cepat.

Struktur Lapisan Kulit

Faktor-faktor yang mempercepat penuaan kulit

Terdapat banyak faktor yang ikut mempengaruhi cepat tidaknya proses penuaan pada kulit manusia. Berikut beberapa di antaranya:

  • Pengaruh lingkungan – Polusi udara, pestisida, polusi air, kebiasaan merokok
  • Diet yang buruk – Dehidrasi dan diet makanan dengan kadar gula tinggi
  • Pengaruh sinar ultraviolet – Menyebabkan kolagen kulit rusak dan inflamasi
  • Hormon yang tak seimbang – Perubahan dalam level estrogen dapat mempengaruhi keelastisan kulit, juga produksi kolagen.
  • Kurang istirahat – Kebiasaan sering begadang dapat menyebabkan penuaan dini, karena tubuh akan kekurangan istirahat.
  • Penggunaan produk perawatan kulit berlebihan – Bisa menyebabkan iritasi, kemerahan pada kulit, kulit kering dan kulit yang stress.

Lalu hal apakah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan elastisitas kulit kembali? Agar Anda dapat terlihat lebih awet muda? Menggunakan SPF harian pada wajah dan area kulit yang lain yang terkena sinar UV dapat membantu mencegah kulit mengalami kerusakan dini karena pengaruh sinar matahari.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan jam tidur yang cukup. Seperti disebutkan sebelumnya, jika jam istirahat kurang, maka akan menyebabkan penuaan dini terjadi. Jika memang Anda ingin tampak awet muda, maka istirahat jangan sampai kurang – Hilangkan kebiasaan buruk begadang. Jika Anda lelah, kulit Anda akan terlihat kusam, dengan istirahat ketika malam hari, maka kulit Anda dapat meremajakan sendirinya, tanpa perlu campur tangan Anda. Ini merupakan cara alami yang dianjurkan untuk Anda lakukan.

Selain itu, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup, hindari minuman bersoda. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi, karena kulit nanti akan menjadi kering jika kekurangan air. Dengan minum air putih yang cukup, maka penampilan awet muda akan Anda peroleh. Walaupun mungkin beberapa faktor lain, seperti pertambahan usia tidak bisa Anda cegah, tetapi dengan proactive, maka Anda akan bisa membantu mengurangi penuaan dini.

Incoming search terms:

  • Pertanyaan yg mendalam tentang kulit

Reply