manfaat-madu-untuk-kulit

7 Manfaat Madu Untuk Kulit Cantik dan Sehat

Madu memiliki manfaat yang sangat besar untuk kecantikan dan kesehatan kulit manusia. Tidak heran jika madu sudah sering digunakan untuk perawatan kecantikan sejak jaman dulu. Misalnya, Cleopatra yang sering menggunakan madu sebagai bahan campuran mandi susu dan istri kaisar Nero yang mengunakan madu sebagai bahan untuk facial. Pada dasarnya madu sangat cocok dan aman untuk digunakan pada semua jenis kulit. Berikut ini akan diulas beberapa manfaat madu untuk kulit yang sehat dan cantik.

Manfaat Madu Untuk Kulit Cantik dan Sehat

 

1. Pelembab Alami

Madu sangat berkhasiat sebagai pelembab kulit karena memiliki kemampuan untuk menangkap oksigen atau uap air ke area dimana madu berada. Oleh karena itu, madu banyak dipakai sebagai bahan utama pelembab berbagai produk kecantikan/kosmetik. Selain itu, madu bisa membuat kulit menjadi elastis dan juga mengatasi masalah kulit kering, melawan keriput dan mencegah penuaan dini.

2. Antiseptik

Madu mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-mikroba sehingga sangat ampuh dalam menyembuhkan luka atau goresan pada kulit. Madu juga kaya akan kandungan enzim hydrogen peroxide sebagai penangkal infeksi pada luka yang dialami. Enzim ini juga berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka ringan maupun luka berat.

3. Obat Penyembuh Eksim

Madu memiliki kemampuan untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Selain itu, madu mempunyai kemampuan untuk merangsang regenerasi sel kulit menjadi lebih maksimal. Hal inilah yang kemudian menyebabkan madu sering digunakan sebagai obat eksim yang mujarab.

4. Suplemen Anti Penuaan Dini

Madu kaya akan zat antioksidan sehingga sangat baik digunakan sebagai suplemen anti penuaan dini (anti aging). Sebaiknya dibarengi juga dengan memperbanyak asupan sayur dan buah untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Ketidakseimbabgan antara radikal bebas dengan zat antioksidan merupakan faktor pemicu penuaan dini. Jadi disarankan agar sering-sering mengkonsumsi madu, sayur dan buah agar kecantikan dan kesehatan kulit tetap terjaga.

5. Anti Jerawat

Madu sangat ampuh dalam melawan infeksi yang menyerang jaringan kulit. Sebagai akibat dari produksi lemak yang berlebihan, penyebab jerawat akan makin diperparah dengan bakteri. Madu memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam jaringan kulit yang terkena infeksi tersebut dan mencegah perkembangan bakteri penyebab munculnya jerawat.

6. Nutrisi Kulit

Untuk memanfaatkan madu sebagai nutris kulit, caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh madu, 1 sendok teh minyak sayur dan 1/4 sari lemon. Lalu usapkan pada kulit kering dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilaslah kulit hingga bersih dan lakukan secara rutin.

7. Tonic Kulit

Untuk memanfaatkan madu sebagai tonic, caranya dengan menyiapkan 1 sendok makan madu dan buah apel yang dikupas dan dihancurkan. Kemudian campurkan apel dengan madu dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama beberapa saat dan kemudian bersihkan dengan air dingin. Masker alami ini sangat efektif sebagai toner alami untuk kulit.

 

Demikian informasi tentang manfaat madu untuk kulit cantik dan sehat yang bisa dijadikan referensi untuk perawatan kecantikan kulit yang aman, alami dan tanpa efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *