Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Manfaat Kulit Manggis – Buah manggis memiliki rasa yang manis dan enak. Daging buah manggis berwarna putih, berserat, dan sedikit berair. Dahulu orang hanya mengenal daging buahnya saja untuk dikonsumsi. Namun ternyata tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi, namun manfaat kulit manggis pun sudah mulai diketahui banyak orang. Manfaat kulit manggis bisa berfungsi untuk kesehatan tubuh. Bahkan kulitnya lebih berkhasiat daripada buahnya. Saat ini manfaat kulit manggis sudah sangat terkenal di masyarakat. Mari ketahui apa saja manfaatnya bersama Lintas Sehat.

Manfaat Kulit Manggis

Manfaat Kulit Manggis yang Perlu Diketahui

Pertama, manfaat kulit manggis pertama yaitu mengandung vitamin C yang sangat baik sebagai antioksidan. Vitamin C juga larut dalam air dan mampu mencegah infeksi, flu, bahkan kanker.

Kedua, mengandung vitamin B kompleks yang terdiri dati niacin, thiamin, dan folat.

Ketiga, mengandung zat rendah kalori dan tidak mengandung lemak jenuh. Ini tepat bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Keempat, yang paling penting dan sangat terkenal dari manfaat kulit manggis, kulit manggis mengandung xanthone. Xantone adalah bahan aktif yang utama dari kulit buah manggis, yaitu senyawa polifenol dengan struktur mirip bioflavonoids. Tidak semua buah-buahan mengandung xanthone, dan kulit buah manggis adalah salah satunya. Xamthone mengandung anti alergi dan anti inflamasi, juga digunakan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kelima, manfaat kulit manggis lainnya yaitu untuk mengobati diare dan sariawan. Manfaat kulit manggis rebusan ini bahkan dapat digunakan untuk mengobati diare, sariawan, dan menurunkan demam. Untuk mengobati sariawan yang berperan dalam hal ini adalah vitamin C. Cara membuatnya yaitu ambil kulit buah dari dua buah manggis kemudian potong-potong dan dicuci bersih. Rebus potongan kulit manggis tersebut dengan 3 gelas air sampai menjadi setengahnya. Diamkan hingga dingin, saring airnya, lalu gunakanlah untuk berkumur. Lakukan dengan teratur sampai gejala sariawan mereda.

Keenam, manfaat kulit manggis terakhir yaitu kulit buah manggis mengandung magnesium, tembaga, kalium, dan mangan. Kalium berfungsi mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Ketujuh, kulit buah manggis dapat digunakan untuk meremajakan kulit, khususnya bagi Anda yang ingin agar awet muda. Hal ini karena peranan antioksidan yang ada di dalamnya berfungsi untuk melancarkan regenerasi sel. Itulah beberapa manfaat kulit manggis dan cara pengolahannya.

Pada dasarnya ada banyak sekali manfaat kulit manggis untuk tubuh kita, diantaranya yaitu menyembuhkan peradangan, melancarkan koordinasi antar sel, menguatkan sistem kekebalan tubuh, menormalkan resistensi insulin, dan membantu kelenjar gondok agar berfungsi lebih efektif. Kulit buah manggis ink juga dapat mempercepat penyembuhan luka, menurunkan kadar gula darah, menormalkan sistem endokrin, menyembuhkan penyakit kulit berupa gatal-gatal, dan mempercepat penyembuhan pada kerusakan urat syaraf.

Untuk menjaga kesehatan pada keluarga, kulit buah manggis dapat meningkatkan mood seseorang sehingga menurunkan tingkat stress dan depresi, alat bantu kesehatan sendi dan otot, meredakan sesak nafas atau hidung tersumbat, meringankan sakit perut, dan mengatasi luka pada tenggorokan karena batuk kronis atau radang. Untuk menjaga kesehatan jantung, manfaat kulit manggis ini dapat memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kolesterol jahat.

Dalam perawatan kesehatan pencernaan, selain membantu mengobati diare, manfaat kulit manggis juga bisa digunakan untuk mengobati bisul, kelainan usus besar, mengatasi penyakit kronik pada lambung yang dikenal dengan nama GERD, meringankan radang usus besar, dan mencegah radang usus. Bagi wanita, meringankan sakit pada saat pre menstruasi syndrome (PMS), menjaga saat menstruasi agar tidak terjadi pembengkakan, meringankan gejala menopause, meringankan sakit otot ligament, dan sebagai diet yang alami. Bonusnya, dapat meningkatkan energy dan stamina, mencegah kemandulan, mencegah batu ginjal, memperlambat penuaan, dan mencegah penyakit parkinson. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat kulit manggis yang lain, namun sudah cukup bagi Anda untuk mengetahui dasarnya atau sebagiannya.

Tagged on:
Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan | Lintas Sehat | 4.5