Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Anda

Sirsak, buah yang satu ini memang menjadi salah satu varian buah yang dapat diolah menjadi minuman yang lezat. Sebelum mengulas tentang manfaat buah sirsak, marilah baca ulasan tentang sejarah singkat dari buah sirsak ini. Sirsak mempunyai nama latin ‘Annona Muricata Linn’. Sirsak adalah saudara dekat dari buah Srikaya. Tanaman ini asalnya dari Benua Amerika, tepatnya sekitar daerah Peru, Argentina, dan Meksiko). Nama sirsak itu sendiri berawal dari pemakaian bahasa Belanda, ‘ZuurZak’ berarti kantong berasa asam. Buah sirsak ini tersohor karena banyak manfaatnya bagi tubuh manusia.

Manfaat Buah Sirsak

Berikut ini ulasan tentang bagian-bagian dari buah sirsak. Bagian buah sirsak 67,5% adalah daging, 20% kulit, 8,5% biji, dan 4% inti buah. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan tentu banyak, kandungan yang dimiliki buah sirsak paling banyak adalah zat karbohidrat. Air dan karbohidrat menjadi dua komponen utama buah ini. Kadar glukosa dari buah sirsak diperkirakan sekitar 81,9 hingga 93,6 % dari glukosa total. Buah Sirsak juga mengandung serat pangan yakni sebesar 3,3 g dari setiap 100g buah. Itulah bagian-bagian dari buah Sirsak. Nah, tiap bagian dari buah Sirsak itu ada manfaatnya masing-masing lho.

Manfaat Buah Sirsak Dan Kandungannya

Vitamin yang paling banyak dikandung oleh buah sirsak yakni vitamin C. Vitamin C yang terkandung sekitar 20 mg tiap 100 gramnya. Setiap harinya, manusia membutuhkan sekitar 60 mg  vitamin C. Kebutuhan manusia akan vitamin C tersebut akan dapat terpenuhi dengan rata-rata konsumsi buah Sirsak sejumlah 300 gram. Selanjutnya ialah kandungan mineral fosfor serta kalsium, yakni 27 mg dan 14 mg tiap 100 g. Kedua mineral tersebut penting terutama untuk pembentukan tulang dan gigi. Kandungan sodium (natrium) pada buah sirsak itu rendah. Zat potasium yang terkandung pada buah ini relatif tinggi, itu dapat mencegah hipertensi.

Baca...  Rahasia Manfaat Buah Alpukat

Berikut adalah ulasan mengenai berbagai manfaat yang bisa diberikan oleh buah sirsak ini untuk tubuh Anda. Manfaat buah sirsakyang pertama yakni bisa mencegah penyakit kanker. Kandungan Annonaceus Acetogenins pada daun, biji, serta batang sirsak mampu menangkal virus dan sel kanker. Penelitian yang pernah ada menjelaskan bahwa kandungan zat itu pada sirsak mampu melawan sel ganas yang ada pada 12 jenis kanker. Manfaat berikutnya, jika Anda rutin mengonsumsi buah sirsak, hal tersebut akan membantu memperlancar kencing. Bisa juga untuk mengatasi penyakit hati ringan.

Manfaat buah sirsak untuk kolesterol, buah sirsak ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, jika Anda dalam keadaan lemah tak bertenaga. Minumlah jus buah sirsak, maka itu akan mengembalikan tenaga Anda. Manfaat selanjutnya yakni buah Sirsak sebagai obat untuk sakit migrain. Kandungan riboflavin (vitamin B2) dikenal sebagai pereda rasa sakit kepala (migrain). Nutrisi yang ada dalam buah Sirsak juga dapat mencegah Anemia, kandungan zat besinya khususnya.

Selain buah dan daunnya, selanjutnya ialah tentang kebermanfaatan biji buah Sirsak. Biji Sirsak mengandung zat yang dapat mengurangi rasa mual pada manusia. Zat yang dimaksud ialah zat emesis. Berdasarkan uraian di atas, telah diulas tentang macam-macam khasiat buah Sirsak. Jika Anda ingin mengatasi keluhan dari penyakit yang telah disebutkan di atas, konsumsilah buah Sirsak. Manfaat buah sirsak terbukti mampu memberikan efek yang baik bagi tubuh manusia. Jika Anda memiliki pola hidup sehat ditambah mengonsumsi buah ini, maka kesehatan akan terus mengiringi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *