Manfaat Buah Nanas yang Perlu Kita Ketahui

Manfaat buah nanas – Buah nanas banyak terdapat di Indonesia, biasanya ditanam di perkebunan. Buah nanas dapat dimakan langsung, dibuat selai, dibuat manisan, dan lainnya. Memang untuk mengupas buah nanas memerlukan waktu yang lebih lama daripada buah yang lain. Namun buah nanas juga mempunyai khasiat yang baik bagi tubuh kita. Manfaat buah nanas perlu kita ketahui agar kita dapat mengkonsumsinya dengan baik dan benar demi menjaga kesehatan tubuh kita. Perlu diketahui pula bahwa wanita hamil dilarang makan buah nanas muda karena sangat berbahaya bagi janin yang dikandungnya. Penderita diabetes juga perlu membatasi dalam mengkonsumsi buah nanas ini. Lalu, mari kita simak berbagai manfaat yang dihasilkan oleh buah nanas.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan – Credit: WikiHow

Manfaat Buah Nanas untuk Tubuh Kita

Pertama, nanas dapat berfungsi mengurangi lemak tubuh. Hal ini karena nanas mampu menghasilkan panas tubuh yang dapat membakar lemak berlebih dalam tubuh. Lalu lemak menjadi luruh bersama sistem pembuangan. Kedua, serat dan mikronutrien yang dikandung oleh nanas dapat menunda lapar. Oleh sebab itu ini menjadi manfaat buah nanas untuk diet.

Baca juga:

Ketiga, nanas ternyata juga dapat mencegah kanker. Mengapa buah nanas dapat mencegah kanker? Hal ini karena di dalam nanas terdapat zat karsinogenik. Fungsi zat ini dapat melindungi sel-sel yang sehat dan memulihkan sel-sel yang rusak. Sel yang rusak dan tidak segera ditangani dapat menimbulkan berbagai penyakit. Sel yang rusak juga menimbulkan penuaan dini. Dengan begitu, khasiat buah nanas dapat membantu memperlambat penuaan dini. Keempat, manfaat nanas dapat mencegah kembung. Zat yang berperan dalam hal ini adalah zat bromelain. Zat bromelain juga memiliki manfaat mengobati hidung yang bengkak akibat sinusitis dan mengurangi radang setelah operasi. Mineral yang ada dalam nanas dapat mengembangkan tulang sehingga lebih kuat, begitu juga pada jaringan ikat. Mineral dapat pula memperkuat gusi dan gigi.

Buah nanas berfungsi melancarkan produksi hemoglobin dan pencegahan osteoporosis. Pencegahan osteoporosis dilakukan oleh zat tembaga. Zat tembaga juga berfungsi melindungi tubuh dari masalah tiroid, penggumpalan darah, dan kekurangan darah atau anemia. Tentu saja nanas juga menjaga kesehatan mata karena mengandung betakaroten. Betakaroten tersebut meningkatkan penglihatan mata agar lebih berkualitas. Banyak sekali bukan, manfaat buah mangga untuk kesehatan?

Mengolah Buah Nanas Untuk Pengobatan

Berikut ini dapat menjadi panduan bagi Anda bagaimana mengolah buah nanas sebagai obat. Jika perut kembung atau lambung terasa penuh, minumlah jus nanas sehari tiga kali setengah jam sebelum makan. Masing-masing 150 ml, jangan sampai lebih dari 150 ml. Untuk menurunkan berat badan, cuci 1 buah nanas sampai bersih. Potong kecil-kecil untuk dibuat jus. Setelah dijus, peras dengan kain yang bersih. Air perasan nanas tersebut diminum dua hari sekali dengan teratur.

Jika anak mengalami cacingan, Anda juga dapat menggunakan buah nanas muda. Caranya kupas nanas muda 1 buah, lalu cuci sampai bersih. Bilas dengan air masak. Parut dan peras airnya. Lalu saringlah airnya dan diminumkan pada anak yang mengalami cacingan sedikit-sedikit. Dalam mengatasi sembelit, juga dapat menggunakan jus nanas. Caranya yaitu kupas 3 buah nanas lalu dijus dan diminum dua kali sehari masing-masing setengah gelas. Minum secara rutin sampai sembelit mereda. Jika Anda mengalami keseleo dan tulang menjadi memar, lakukan cara cepat dan alami menggunakan buah nanas yang dijus. Radang yang terjadi pada tenggorokan dapat dibuatkan obat alaminya menggunakan buah nanas. Caranya dengan mengejus 2 buah nanas, minum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas. Lakukan dengan teratur sampai gejala radang mereda. Itulah beberapa manfaat buah nanas hasil investigasi Lintas Sehat untuk tubuh kita yang perlu kita ketahui.

Incoming search terms:

  • apakah buah nanas bisa dikomsumsi setelah obrasi
  • Sesudah oprasi hernia apakah boleh minum jus

Reply