Makanan Sehat Yang Dapat Mencegah Dan Mengendalikan Diabetes

Makanan Sehat Yang Dapat Mencegah Dan Mengendalikan Diabetes

Makanan Sehat Yang Dapat Mencegah Dan Mengendalikan Diabetes – Dalam sebuah kehidupan, penyakit dapat mengintai siapa saja baik pria maupun wanita bahkan dari yang muda hingga yang tua dapat beresiko terkena penyakit tertentu. Salah satu penyakit yang harus kita hindari adalah Diabetes atau yang lebih kita kenal dengan penyakit gula. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan karena meningkatnya kadar gula darah didalam tubuh. Diabetes adalah penyakit serius yang harus ditangani secara serius karena dari informasi badan kesehatan dunia menyebukan sejak tahun 2003 lalu sudah tercatat setidaknya 200juta orang menderita penyakit diabetes.

Makanan Sehat Yang Dapat Mencegah Dan Mengendalikan Diabetes

Meskipun penyakit ini tidak mematikan, namun dampak yang terjadi dari penyakit inilah yang dapat menyebabkan kematian. Orang yang mengidap penyakit diabetes, maka tubuhnya akan kehilangan sistem kekebalan tubuh sehingga ketika mengalami kecelakaan atau apapun yang menyebabkan tubuhnya terluka? Maka luka tersebut akan sulit disembuhkan bahkan hingga membusuk dan berakhir pada amputasi. Tentunya anda tidak ingin kan hal tersebut terjadi menimpa anda? Untuk itu, kenali sejak dini penyakit tersebut dan lakukan berbagai tindakan pencegahan.

Mencegah Diabetes dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tertentu dimana makanan tersebut tidak banyak mengandung gula dan dapat mencukupi kebutuhan gizi setiap harinya. Berikut ini ada beberapa jenis makanan sehat yang dapat mencegah dan mengendalikan diabetes.

Makanan Sehat Untuk Mencegah Diabetes

  1. Kacang-kacangan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin maka akan mengurangi resiko diabetes sebanyak 21%. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa anda konsumsi misalnya kacang almond, kacang mete dan kacang walnut. Ketiga jenis kacang ini memiliki kandungan lemak sehat yang dapat mencegah diabetes dan mengendalikan rasa lapar.

  1. Ikan
Baca...  Manfaat Buah Nanas yang Perlu Kita Ketahui

Ikan memiliki kandungan omega 3 yang tinggi dimana kandungan tersebut dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mencerdaskan otak dan mengurangi resiko diabetes karena mampu menurunkan konsentrasi glukosa yang menjadi penyebab diabetes.

  1. Buah Jeruk

Selain sayur, tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi yang berasal dari buah salah satunya adalah buah jeruk. Seperti yang kita ketahui bahwa jeruk memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit termasuk diabetes. Selain itu jeruk juga memiliki sifat insulin yang dapat mencegah diabetes tipe 2.

  1. Sayuran Hijau

Berbagai jenis sayuran seperti Sawi, Bayam dan Kubis sangat bagus untuk mengendalikan diabetes. Ketiga jenis sayuran ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi namun tetap rendah lemak sehingga dapat mencegah diabetes tipe 2 dan dari hasil riset yang dilakukan oleh WHO menyebuktan bahwa sayuran hidau dapat mengurangi resiko diabetes sebanyak 14%.

  1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Kedua jenis bumbu dapur ini memiliki zat antioksidan seperti capsaicin, quercetin dan flavonoid. Zat tesrebut merupakan zat yang dapat mencegah penyakit diabetes. Meskipun dampaknya tidak begitu terlihat, namun setidaknya bumbu dapur ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *