Macam Macam Penyakit Jantung

Macam-Macam Penyakit Jantung Yang Harus Diwaspadai

Macam-macam penyakit jantung – Banyak orang menggolongkan semua penyakit kardiovaskular ke dalam kategori serangan jantung. Padahal serangan jantung merupakan hasil akhir dari macam-macam penyakit jantung. Kardiovaskular sendiri merujuk kepada jantung dan pembuluh darah, dimana jika keduanya mengalami gangguan, maka akan menyebabkan penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, kita harus mengenali terlebih dahulu dan mewaspadai macam-macam penyakit jantung agar tidak sampai terkena serangan jantung. Berikut ulasannya.

Macam Macam Penyakit Jantung

Macam-Macam Penyakit Jantung

  1. Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit mematikan. Federasi Jantung Dunia menyebutkan bahwa kasus kematian di Asia Tenggara akibat jantung koroner mencapai 1,8 juta. Penyakit jantung koroner terjadi apabila aliran darah menuju jantung dihambat oleh lemak. Selain mengurangi pasokan darah menuju jantung, hal ini juga bisa menyebabkan penggumpalan darah yang akhirnya memblokir aliran darah menju jantung dan menyebabkan serangan jantung. Penyakit jantung koroner dipicu oleh kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

  1. Trachycardia

Pada dasarnya Trachycardia merupakan istilah medis yang merujuk pada peningkatan denyut jantung yang disebabkan oleh stress, kebiasaan merokok, dan konsumsi alkohol.

  1. Penyakit Otot Jantung

Terkadang kita mendapati otot jantung yang melemah sehingga tak mampu memompa cukup darah untuk tubuh.

  1. Heart Valve Disease

Penyakit satu ini menandakan bahwa katup jantung tidak bekerja secara normal. Sebagian kalangan memang terlahir dengan katup jantung yang bermasalah. Dan sebagian lagi mengalami kelainan ini akibat usia, infeksi, dan penyakit lain. Agar terbebas dari Heart Valve Disease, kita harus menerapkan pola hidup sehat.

  1. Bradikardi

Istilah medis ini merujuk pada kondisi denyut jantung yang lambat akibat otot-otot jantung mengalami kelelahan. Untuk memacu denyut jantung kembali, penderita-nya harus menggunakan alat pacu jantung.

  1. Gagal Jantung
Baca...  Faktor Yang Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Penyakit jantung ini ditandai dengan berhentinya kerja jantung. Hal ini terjadi akibat gangguan paru-paru, terkejut, dan kehilangan banyak darah. Gejala utamanya adalah sesak napas, kelelahan, dan pembengkakan pada pergelangan kaki.

  1. Penyakit Jantung Bawaan

Beberapa bayi terlahir dengan kondisi jantung yang lemah atau terdapat lubang pada jantung. Kondisi ini dapat diatasi dengan operasi. Sayangnya, cara ini tidak selalu berhasil.

  1. Gangguan Serebrovaskular

Macam-macam penyakit jantung berikutnya adalah Gangguan Serebrovaskular yang terjadi akibat sirkulasi darah dari jantung menuju otak mengalami hambatan. Gangguan Serebrovaskular termasuk sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan stroke pada otak.

  1. Angina

Istilah medis ini menggambarkan rasa sakit di sekitar dada lantaran dada tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Kondisi ini sering disebabkan oleh adanya penyumbatan kecil pada arteri jantung.

  1. Penyakit Jantung Rematik

Infeksi bakteri yang muncul di masa kecil bisa mempengaruhi katup dan sendi jantung, yang kemudian memunculkan masalah jantung di usia dewasa. Penyakit jantung rematik hanya dapat disembuhkan dengan jalur operasi.

  1. Aterosklerosis

Aterosklerosis merupakan pengerasan arteri yang disebabkan oleh pengendapan racun, lemak, ataupun wabah. Hal ini bisa menyebabkan tekanan darah meningkat dan yang lebih parah bisa menyebabkan stroke jantung.

  1. Aritmia

Pada penyakit jantung ini, detak jantung tidak berjalan teratur, bisa lebih cepat dan bisa juga melambat. Faktor utama penyebab Aritmia adalah penyumbatan pembuluh darah jantung dan kondisi tubuh yang kekurangan kalsium. Sementara penyebab lainnya adalah tekanan darah tinggi, diabetes, stress, penyalahgunaan obat, kematian otot jantung, dan aktivitas kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

Itulah macam-macam penyakit jantung yang harus diwaspadai. Faktanya, penyakit jantung tidak hanya menyerang mereka yang berusia lanjut. Dewasa ini, ada banyak kaum muda yang mengidap penyakit jantung. Semoga ulasan ini dapat memberikan gambaran bahayanya penyakit jantung.

Baca...  Penyakit Hernia pada Pria dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *