Ilmu Gizi Kaitannya dengan Kesehatan

Ilmu gizi tidak dapat dipisahkan dengan kesehatan yang tercipta pada organ tubuh manusia. Jika tidak ada gizi yang seimbang pada tubuh maka ketimpangan pada kesehatan akan terjadi. Ilmu gizi, pada prinsipnya mempelajari antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit agar tidak terjadi gangguan gizi. Tidak seperti pada masa lalu, penelitian terhadap nutrisi hanya terbatas pada pencegahan gizi buruk karena waktu lalu masih banyak orang yang mengalami gizi buruk sehingga para peneliti mengatasinya dengan mencari cara dari penelitian mereka dan menentukan standar dasar nutrisi pada makhluk hidup.

Pengertian Ilmu Gizi

Ilmu gizi sangat penting untuk dipelajari

Gizi seimbang sangat berpengaruh dalam kesehatan seseorang, hal ini terbukti setelah para ahli gizi melakukan penelitian dan mendapatkan hasil bahwa, orang yang menderita penyakit-penyakit kronis ternyata disebabkan oleh terlalu banyaknya radikal bebas yang ada pada tubuh seseorang. Namun penggunaan nutrisi yang optimal, terbukti mampu mencegah adanya penyakit-penyakit kronis dalam tubuh ini. Mengingat hal tersebut maka sebaiknya kita membatasi makanan yang kita konsumsi yang mengandung pengawet dan juga makanan berbahaya yang terdapat pada makanan atau bumbu-bumbu instan yang setiap hari kita konsumsi. Dengan cara memenuhi gizi yang baik pada setiap makanan kita berarti pencegahan dari diri sendiri telah kita lakukan.

Artikel terkait:

Ilmu gizi memberikan banyak manfaat pada kesehatan kita sehari-hari. Karena adanya ilmu ini kita jadi terhindar dari segala macam penyakit yang dapat mengganggu tubuh kita.  Adapun penyakit karena kurang gizi itu antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sariawan
    Mungkin Anda tidak pernah mengira bahwa sariawan merupakan salah satu penyakit kurang gizi. Bahkan penyakit ini adalah penyakit yang pertama kali diketahui muncul karena kurang gizi. Padahal mungkin selama ini kita sangat menyepelekan penyakit satu ini karena dinilai tidak begitu berbahaya. Namun kenyataannya pada tahun 1497 Vasco Da Gama kehilangan banyak sekali anak buahnya karena menderita penyakit sariawan yang ternyata kurang Vitamin C ini.
  • Pengeroposan Tulang
    Ilmu gizi yang belum bisa kita serap lebih dalam, dapat mengakibatkan ketidaktahuan kita pada fungsi makanan atau minuman tertentu sehingga mengakibatkan terjadinya penyakit tertentu pula seperti pengeroposan pada tulang. Ini tentu saja terjadi karena kurang sadarnya kita pada fungsi gizi. Untuk menjaga tulang agar tetap kuat kita membutuhkan kalsium. Dan kalsium ini bisa kita dapatkan dari susu, keju, yogurt, kangkung, lobak, sawi dan makanan lainnya. Selain itu, kita juga membutuhkan mineral tembaga yang terdapat pada kerang, coklat, kacang dan gandum. Kita juga membutuhkan fluoride yang terdapat pada kopi dan teh.

Ilmu ini banyak sekali memberikan pengetahuan tentang kandungan makanan yang kita makan, sehingga efek kekurangan gizi dapat kita hindari. Penyakit yang ditimbulkan oleh kekurangan gizi tidak hanya yang telah tertulis diatas, namun masih banyak lagi yang lainnya. Karena pada dasarnya suatu penyakit timbul karena kekurangan asupan gizi. Karena berbagai jenis nutrisi yang antara lain adalah air, mineral, vitamin, protein, lemak dan karbohidrat tidak sepenuhnya tercukupi setiap harinya, Sehingga kekurangan salah satu nutrisi tersebut akan menyebabkan timbulnya penyakit.

Baca juga:

Untuk mengendalikan kelebihan salah satu unsur gizi pada tubuh maka kita perlu melakukan diet. Karena salah satu nutrisi seperti lemak jika berlebih dalam tubuh maka bisa mengakibatkan terjadinya berbagai macam penyakit berbahaya yang mematikan. Jadi untuk menjaga keseimbangan itu kita juga harus melakukan pergerakan pada tubuh seperti olah raga. Hal ini sangat penting, karena olah raga dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Dengan menjaga gizi seimbang maka kita dapat mencapai tujuan dari ilmu gizi.

Incoming search terms:

  • manfaat mempelajari ilmu gizi
  • Hubungan gizi dengan kesehatan
  • manfaat ilmu gizi
  • Manfaat mempelajari kesehatan dan gizi
  • Hubungan gizi dan kesehatan
  • Ilmu gizi sangat kurang
Tagged on:
Ilmu Gizi Kaitannya dengan Kesehatan | Lintas Sehat | 4.5