Gizi Seimbang Pengaruhi Perkembangan Otak

Gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari diartikan sebagai makanan yang disusun untuk kebutuhan setiap hari yang memiliki kandungan zat gizi pada jumlah dan jenis yang sesuai kebutuhan tubuh dan dengan mempertimbangkan prinsip keanekaragaman atau varian jenis makanan, kebersihan aktivitas fisik dan berat badan ideal. Dalam kehidupan sehari-hari, air putih yang tidak semua orang mau mengkonsumsinya ini merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Setidaknya 2 liter perhari atau 8 gelas air putih harus kita konsumsi untuk menyeimbangkan kebutuhan tubuh. Karena tanpa kita sadari, tubuh kita yang 90%nya adalah terdiri dari air menjadikan air sebagai zat penting yang bisa membantu segala bentuk pergerakan dan proses metabolisme tubuh.

Gizi Seimbang untuk Kesehatan

Gizi seimbang berbeda dengan empat sehat lima sempurna

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya apa beda gizi seimbang dengan empat sehat lima sempurna. Meskipun hingga kini kita masih selalu menerapkan 4S 5S (4 Sehat 5 Sempurna), namun sebenarnya prinsip ini sudah dianggap tidak layak lagi sejak diadakannya konferensi pangan sedunia pada tahun 1992. Perbedaan antara gizi seimbang dengan empat sehat lima sempurna adalah pada penerapannya. Empat sehat lima sempurna yang menerapkan sayur, nasi, lauk, buah dan susu ini tidak bisa diterapkan pada anak-anak usia dibawah umur, atau pada penderita penyakit tertentu atau pada orang dengan masalah pada berat badannya.

  1. Gizi seimbang berbeda dengan prinsip empat sehat lima sempurna yang menyamaratakan gizi secara tidak jelas batasan-batasannya. Karena bahkan perbedaan gizi dapat kita golongkan juga menurut aktifitas individu seseorang. Makanan yang terdiri dari nasi, sayur, lauk, buah dan susu belum tentu dianggap seimbang. Apalagi jika melihat kebiasaan makan kebanyakan orang Indonesia adalah menjadikan karbohidrat sebagai sumber makanannya dan sayur, lauk, buah adalah sebagai pelengkap. Ini jelas tidak bisa dikatakan sebagai makanan sehat sedangkan gizi seimbang, yang menekankan pada kebersihan makanan, porsi makan seseorang sesuai kebutuhan dihitung dari cara seseorang beraktifitas dan kebersihan lingkungannya.
  2. Prinsip gizi seimbang menjelaskan kepada kita bahwa susu yang selama ini kita anggap sebagai penyempurna makanan adalah merupakan sumber protein hewani yang juga terdapat pada sumber-sumber makanan lain seperti telur, ikan dan daging namun tersaji dalam bentuk cair. Namun pada empat sehat lima sempurna bahkan tidak memberikan penjelasan untuk itu. Dan seperti yang kita tahu bahwa lemak pada susu tidak bagus dikonsumsi untuk orang dengan berkelebihan berat badan.
  3. Memberlakukan prinsip gizi seimbang yang memasukkan susu sebagai sumber protein seperti pada deretan protein hewani lain, dan prinsip gizi seimbang ini berlaku pada bayi karena memasukkan ASI eksklusif sebagai salah satu deretan gizi seimbang.
    Prinsip gizi seimbang yang sering kita dengar yaitu, 4 sehat 5 sempurna. Indonesia mulai memperkenalkan prinsip 4S 5S ini pada sekitar tahun 50an yang dipopulerkan oleh Prof. Poerwo Soedarmo. Nasi, lauk, sayur, buah dan susu adalah anjuran makanan gizi seimbang yang harus diterapkan agar tidak terjadi kekurangan gizi pada tubuh seseorang. Orang dengan kondisi gizi buruk bisa mempengaruhi perkembangan tubuh dan otaknya. Bahkan pada kondisi parah penderita gizi buruk akan mengalami kelumpuhan dan kehilangan ingatannya atau gila.

Gizi yang terdapat pada makanan yang kita makan memiliki fungsi penting, yaitu sebagai zat tenaga yang terdapat pada sumber karbohidrat. Sebagai zat pembangun yaitu yang terdapat pada lauk pauk seperti ikan, ayam, dan lainnya. Dan sebagai zat pengatur yaitu terdapat pada makanan yang mengandung serat seperti sayur-sayuran, dan buah-buahan. Semua itu penting untuk menutrisi organ vital dalam tubuh, sehinggat tetap dapat bekerja maksimal dan terus sehat. Oleh karena itu sebaiknya kita selalu memperhatikan makanan kita, agar selalu memenuhi gizi seimbang.

Lintas Sehat menyarankan untuk dapat mengonsumsi makanan dengan porsi standar dari Lembaga Kanker Taiwan, selain dapat menjaga kesehatan, dan terus teregenerasi sel sel tubuh kita sehingga tetap awet muda, standar tersebut mumungkinkan seseorang terhindar dari penyakit Kanker dan penyakit penyakit lainnya. Untuk mengetahui standar tersebut, silahkan kunjungi web naturallypluslutein.com.

Incoming search terms:

  • gizi seimbang
Tagged on:
Gizi Seimbang Pengaruhi Perkembangan Otak | Lintas Sehat | 4.5