Apa Itu Protein Dan Manfaat Protein Bagi Tubuh

Ketahui Beberapa Fungsi Protein Bagi Tubuh Berikut

Fungsi protein bagi tubuh memang sangat banyak. Seperti yang kita ketahui protein merupakan salah satu zat pokok yang dibutuhkan oleh tubuh, selain karbohidrat, lemak, mineral, vitamin, dan sebagainya. Protein merupakan kelompok dari molekul organic kompleks yang terkandung beberapa unsur-unsur organic diantaranya hydrogen, oksigen, nitrogen, karbon, fosfor, dan sulfur serta beberapa rantai asam amino. Dalam dunia medis protein diartikan sebagai makronutrisi berupa senyawa amino yang berfungsi sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme dalam tubuh.

Apa Itu Protein Dan Manfaat Protein Bagi Tubuh

Protein dibagi menjadi dua golongan yakni protein hewani dan protein nabati. Masing masing dari protein tersebut memiliki kegunaan masing-masing. Manfaat protein bagi tubuh sangat banyak diantaranya setiap 1 gram dalam protein menghasilkan 4.1 kalori yang baik untuk sumber energi bagi tubuh. Fungsi protein sebagai zat pengatur juga mampu mengatur metabolisme tubuh. Mengkonsumsi karbohidrat sebagai sumber energi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan, sehingga Anda dapat menambah asupan energi dari protein. Protein baik sebagai sumber asupan energy utama apalagi bagi Anda yang sedang dalam proses diet rendah gula.

Fungsi protein lainnya adalah keseimbangan antara asam dan basa serta kaitannya dengan keseimbangan cairan dalam tubuh. Protein baik untuk menjaga kestabilan pH cairan tubuh. Protein sangat baik untuk anak-anak dan remaja, sebab protein dapat membantu proses pertumbuhan pada anak-anak dan remaja karena sel-sel tubuh cukup mendapatkan asupan zat pembangun. Manfaat protein bagi tubuh berikutnya adalah membantu dalam kinerja tubuh guna menetralkan atau menghancurkan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga:

Protein dalam tubuh didistribusikan ke berbagai organ dengan jumlah terbanyak melalui jaringan otot. Asam amino yang terkandung dalam protein mampu dimobilisasi saat terjadi stress. Hormon-hormon tubuh merupakan bentuk ikatan-ikatan yang bertindak sebagai katalisator yang sangat membantu dalam perubahan-perubahan biokimia yang sering terjadi dalam tubuh. Jika mengkonsumsi protein dengan baik maka ikatan-ikatan akan terpenuhi dan tubuh akan berfungsi dengan baik. Yang terpenting dari protein adalah protein mampu membentuk antibodi. Tinggi rendahnya kondisi daya tahan tubuh sangat dipengaruhi oleh antibodi dalam tubuh. Protein mampu menghasilkan enzim-enzim yang berguna pada pembentukan antibodi. Protein juga berfungsi sebagai sumber gizi. Makanan yang banyak mengandung protein diantaranya telur, susu, ikan daging, unggas, dan kerang. Untuk golongan protein nabati berasal dari tahu dan tempe serta jenis-jenis kacang-kacangan.

Baca...  Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Fungsi Protein yang Bersumber dari Makanan

Kandungan protein banyak kita temukan dari sumber makanan, makanan yang berasal dari hewan maupun dari tumbuhan. Sumber makanan dari hewan yang kaya akan kandungan proteinnya antara lain daging, organ-organ dalam tubuh hewan seperti hati, ginjal, pancreas, paru, jantung, dan jeroan. Yang termasuk dalam jeroan adalah babat, gaster, usus halus atau usus besar. Telur dan susu merupakan sumber protein dengan kualitas tinggi yang berasal protein hewani. Ikan dan kerang atau udang kelompok protein hewani yang memiliki kandungan protein baik serta kandungan lemak yang rendah.

Ayam dan jenis burung beserta telurnya merupakan sumber protein berkualitas baik. Namun bagian telur yang berwarna merah atau kekuningan mengandung kolesterol tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan terlebih bagi Anda yang sedang menjalankan diet kolesterol. Sumber protein lain adalah protein nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang diolah menjadi tempe dan tahu. Berikut tadi penjelasan fungsi protein, protein sangat baik untuk tubuh namun konsumsi yang berlebihan juga tidak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *