Faktor Yang Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Faktor Yang Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang disebabkan karena meningkatnya tekanan darah seseorang yang ditandai dengan beberapa gejala misalnya pusing secara mendadak dan hipertensi adalah jenis penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan serangan jantung. Dari hasil pengamatan yang dilakukan WHO menyebutkan bahwa hampir 80% orang terkena penyakit jantung disebabkan karena tekanan darah tinggi.

Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Pada umumnya, hipertensi akan menyerang seseorang ketika ia masuk keusia 50th karena biasanya diusia tersebut tekanan darahnya akan meningkat hingga 140mm Hg. Untuk mendeteksi sedini mungkin, kita harus tahu hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan hipertensi dan berikut ini ada beberapa faktor penyebab hipertensi yang bisa anda ketahui.

Faktor Yang Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

  1. Faktor Keturunan

Salah satu faktor penyebab hipertensi yang tidak dapat dihindari adalah faktor keturunan. Jika dalam riwayat keluarga kita ada yang mengidap penyakit hipertensi, maka kita pun akan beresiko terhadap penyakit tersebut. Namun meskipun demikian, anda tetap dapat melakukan berbagai pencegahan salah satunya dengan mengatur polah hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat pula.

  1. Faktor Usia

Semakin tua maka tubuh kita semakin renta dan mudah terkena penyakit termasuk hipertensi. Hal ini disebabkan karena elastisitas pembuluh darah berkurang sehingga tubuh akan mengalami penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan hipertensi.

  1. Faktor Gender

Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa pria berusia dibawah 45th lebih beresiko terkena penyakit hipertensi sedangkan untuk wanita memiliki tingkat resiko lebih tinggi ketika ia menginjak usia 64th. Namun ketika wanita berusia lanjut, tingkat resikonya lebih besar dibandingkan pria.

  1. Faktor Pola Makan

Salah satu penyebab utama seseorang terkena hipertensi yaitu karena pola makan yang kurang sehat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori, lemak dan gula meningkatkan resiko seseorang terkena hipertensi. Untuk itu, beri asupan gizi yang seimbang dengan cara memperbanyak asupan buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin, dan serat.

  1. Stres

Hipertensi dapat disebabkan karena faktor pikiran yang tidak tenang sehingga menyebabkan stres. Sters akan memicu hormon adrenalin anda meningkat sehingga jantung memompa darah lebih cepat dari biasanya dan hal tersebut akan menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah.

  1. Kurang Aktifitas

Orang yang biasa bekerja duduk didalam kantor memiliki resiko penyakit hipertensi lebih tinggi dibandingkan dengan yang aktif bekerja keras. Untuk itu, bagi anda yang hidupnya kurang beraktifitas? Cobalah untuk menerapkan hidup sehat salah satunya dengan berolahraga secara rutin minimal 3kali dalam seminggu.

  1. Konsumsi Alkohol

Minuman beralkohol bukan hanya berdampak pada hipertensi saja tetapi penyakit-penyakit lain seperti jantung, stroke dan kanker juga mengintai anda. Minuman beralkohol akan meningkatkan kadar trigliserida didalam darah dimana kadar tersebut merupakan jenis kolesterol jahat yang dapat menyebabkan tekanan darah semakin meningkat.

Incoming search terms:

  • Apakah hipertensi itu bisa disebabkan karna pikiran?
  • mengapa pikiran faktor dri hipertensi
  • penyebab tekanan darah tinggi karena faktor pikiran

Reply