6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Menjaga kesehatan mata Anda adalah hal penting yang harus dilakukan seumur hidup, tetapi menjadi sangat penting manakala usia bertambah. Karena, setiap orang akan mengalami penurunan daya penglihatan seiring bertambahnya usia, hal ini dalam dunia medis dinamakan Degeneration Mocular of Age. Beberapa orang bahkan sudah mulai terganggu dengan masalah penurunan daya penglihatan diusianya yang produktif (sekitar 40 tahun), sementara seharusnya DMA ini atau penurunan daya penglihatan baru akan dirasakan diusia 50 tahun keatas.

Kabar baiknya adalah, ada beberapa cara sederhana dan alami tanpa menggunakan obat-obatan ataupun cara medis lain seperti operasi mata untuk mendukung kesehatan mata Anda sejak dini. Dan ini hanya membutuhkan usaha Anda merubah gaya hidup saja. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda secara natural tanpa obat-obatan ataupun cara medis.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami :

  1. Bergerak
  2. Makan Makanan Kaya Antioksidan
  3. Melepaskan Kacamata
  4. Satu Butir Telur Setiap Hari
  5. Berhenti Merokok
  6. Konsumsi Suplemen Kesehatan Berlutein

Ya, cukup dengan 6 cara tersebut Anda bisa terhindar dari kerusakan mata akibat penurunan daya penglihatan terlalu dini, bahkan menjaga mata Anda sampai usia lanjut sekalipun. Dan ini mengapa 6 cara menjaga kesehatan mata secara alami tadi sangat membantu Anda menjaga kesehatan mata Anda.

1. Bergeraklah!

Para peneliti di Inggris menemukan bahwa tingkat yang lebih tinggi dari aktivitas fisik memiliki dampak yang menguntungkan jangka panjang pada rendahnya ocular perfusion pressure (OPP) atau tekanan okular perfusi, faktor risiko yang signifikan untuk glaukoma. Lebih khusus, peserta studi yang telah dilakukan cukup 15 tahun sebelumnya memiliki 25 persen penurunan risiko OPP rendah.

2. Makan Makanan yang Kaya Antioksidan

Kerusakan akibat radikal bebas adalah salah satu penyebab utama seseorang mengalami kehilangan penglihatan dan kondisi kerusakan mata lainnya, sehingga salah satu cara terbaik untuk menunjang kesehatan mata Anda secara alami adalah dengan antioksidan.

Caranya yaitu dengan meningkatkan asupan nutrisi penting dengan makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan, terutama yang berdaun hijau gelap. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan bayam yang dimasak dua kali seminggu memiliki setengah risiko operasi katarak dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari sekali dalam sebulan.

Ditambah, penelitian lain menemukan bahwa wanita yang makan bayam lima kali seminggu memiliki 45 persen pengurangan resiko katarak. Makanan lain yang juga dapat menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko kehilangan penglihatan termasuk brokoli, wortel, tomat, melon dan buah jeruk.

3. Lepaskan Kacamata Anda!

Paparan sinar ultra violet (sinar UV) secara berlebihan juga dapat menjadi ancaman serius yang dapat merusak kesehatan mata Anda. Namun menggunakan kacamata hitam sepanjang waktu juga tidak kami rekomendasikan. Pasalnya meskipun proses pembakaran pada paparan sinar matahari ini membentuk radikal bebas, namun sinar matahari juga mengandung zat yang bermanfaat bagi mata dan tubuh secara keselururahan. Yang terpenting jangan melihat secara langsung ke arah matahari, karena berbahaya untuk mata Anda.

4. Satu Butir Telur Setiap Hari

Sertakan satu butir telur dalam diet harian Anda. Lutein dan zeaxanthin adalah dua nutrisi (disebut karotenoid) yang terkonsentrasi di makula. Salah satu sumber yang baik dari karotenoid tersebut adalah kuning telur. Bahkan, satu studi menemukan bahwa makan enam butir telur per minggu meningkatkan kepadatan pigmen makula dan meningkatkan kadar zeaxanthin, tapi tidak berpengaruh pada kolesterol.

5. Berhenti Merokok

Berhentilah merokok mulai hari ini. Karena merokok beresiko tiga kali lipat terserang penyakit katarak dan beresiko empat kali lipat terserang degenerasi makula. Selain akibat lain seperti kerusakan ginjal dan organ dalam tubuh lainnya. Baca : 10 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

6. Konsumsi Suplemen Kesehatan Berlutein

Untuk yang terakhir yaitu mengonsumsi secara rutin suplemen yang baik dan efektif untuk kesehatan mata tentu akan lebih pas jika mengonsumsi suplemen yang mengandung zat lutein dan zeaxanthin sebagaimana yang telah Lintas Sehat paparkan sebelumnya. Suplemen ini akan terus mengisi kadar lutein dalam tubuh yang terus berkurang seiring bertambahnya usia.

Sekarang giliran Anda: Apa yang Anda lakukan untuk mendukung kesehatan mata Anda?

Tagged on:
6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami | Lintas Sehat | 4.5