Cara Mengobati Pneumonia Secara Alami

Pneumonia merupakan penyakit pernapasan yang pada umumnya terjadi ketika muncul radang paru-paru. Penyebabnya sendiri sangat beragam. Pasien bisa saja terkena pneumonia karena serangan infeksi parasit, jamur, serta virus. Selain itu, pneumonia juga bisa diakibatkan karena menghirup gas beracun, terpaan bahan kimia, serta makanan yang tidak sehat.

Untuk Anda yang mengalami masalah yang cukup serius ini dan mengalami gejala-gejala yang tidak nyaman, cobalah untuk pergi ke dokter sembari menerapkan beberapa cara mengobati pneumonia secara alami berikut ini.

Cara Mengobati Pneumonia Secara Alami

Cara Mengobati Pneumonia Secara Alami

  1. Daun kemangi

Banyak orang yang percaya bahwa daun kemangi dapat bermanfaat untuk menjaga serta mengobati penyakit yang berhubungan dengan paru-paru, termasuk juga penyakit pneumonia. Untuk penerapannya, Anda bisa membuat 5 lembar daun kemangi menjadi jus. Setelah itu tambahkan sejumput lada hitam. Jika sudah tercampur, konsumsi hingga habis. Anda bisa menggunakan metode ini sebanyak 6 jam sekali.

  1. Kunyit

Cara tradisional lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati pneumonia adalah kunyit. Dengan sifatnya yang bisa digunakan sebagai mukolitik, kunyit dapat bermanfaat untuk menghilangkan lendir yang ada di dalam tubuh, yang mana merupakan salah satu gejala pernapasan akibat pneumonia. Selain itu, kunyit juga mengandung sifat antibakteri serta antivirus yang dapat berkhasiat untuk melawan infeksi.

Cara penggunaannya sendiri tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mencampurkan bubuk kunyit dengan minyak mustard hangat. Aduk hingga menjadi pasta. Selanjutnya oleskan ramuan tersebut ke area dada. Selain sebagai minyak oles, Anda juga bisa mencampurkan bubuk kunyit sebanyak 1 sdt dengan secangkir susu hangat. Konsumsi ramuan tersebut sebanyak 2-3 cangkir per hari.

  1. Minyak terpentin

Fungsi dari minyak terpentin adalah untuk mengurangi gejala dari pneumonia. Untuk penerapannya, Anda bisa menggunakan minyak terpentin sebagai minyak gosok di beberapa bagian tubuh, khususnya tulang rusuk. Anda juga bisa menambahkan kapur barus untuk meningkatkan khasiatnya.

  1. Minyak oregano

Selain terpentin, minyak oregano juga dapat Anda gunakan sebagai cara mengobati pneumonia secara alami. Dengan sifat antivirus, antibakteri, serta antijamur, minyak oregano sangat cocok untuk mengencerkan lender dan ruang pernapaasan yang sesak, yang mana merupakan satu dari beberapa gejala pneumonia.

Ada dua metode yang bisa Anda lakukan bersama dengan minyak oregano. Cara yang pertama dengan mencampurkan segelas air dengan 3 tetes minyak oregano, lalu minum. Lakukan cara tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari. Untuk cara kedua, Anda bisa menerapkan beberapa tetes minyak oregano ke bola kapas atau tisu. Setelah itu, tempatkan di bantal bagian samping, sehingga saat Anda tidur hidung dapat menghirup bau dari minyak esensial tersebut.

  1. Biji wijen

Cara mengobati pneumonia secara tradisional lainnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah dengan menggunakan biji wijen. Nantinya biji wijen bermanfaat sebagai ekspektoran alami, sehingga bukan saja dapat menenangkan pernapasan akibat pneumonia, namun juga sebagai cara yang ampuh melawan dahak.

Untuk penerapannya bisa dengan mencampurkan 1 sdm biji wijen ke dalam secangkir air. Selanjutnya tambahkan 1 sdm biji rami, lalu didihkan. Anda bisa mengonsumsi ramuan tersebut sehari sekali dengan ditambah sedikit garam ataupun madu untuk menambah khasiat dan rasanya.

  1. Cabe rawit

Cabe rawit memiliki kandungan yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu kandungan tersebut adalah capsaicin, yang dipercaya dapat mempercepat keluarnya lendir dari alat pernapasan. Selain itu, cabe rawit juga mengandung beta-karoten yang dapat membantu menjaga kesehatan selaput lendir, yang mana bisa saja terganggu akibat pneumonia.

Penerapannya sendiri sangat mudah. Anda bisa mencampurkan segelas air dengan jus lemon dan sejumput bubuk cabe rawit. Selanjutnya konsumsi ramuan tersebut beberapa kali dalam sehari.

 

Kesimpulan

Perlu diingat bahwa cara mengobati pneumonia secara alami di atas tidak dapat benar-benar menyelesaikan masalah rumit yang hadir. Oleh sebab itu, jadikan metode alami sebagai bantuan sehari-hari untuk menahan gejala yang timbul. Sedangkan untuk pengobatan tuntas bisa dilakukan secara konvensional, sehingga risiko kematian benar-benar dapat ditekan.

Incoming search terms:

  • Cara mengobati penyakit Pneomia secara alami
  • cara menyembuhkan pneunomia secara ala
  • kemangi untuk pneumonia
  • khasiat lada hitam dan daun kemangi untuk paru paru
  • manfaat kunyit untuk pneumonia

Reply