Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah – Demam berdarah merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk tersebut membawa virus yang dimasukkan kedalam tubuh melalui gigitannya. Nyamuk Aedes Aegypti banyak bersarang ditempat-tempat yang memiliki genangan air seperti bak mandi, pot-pot bunga dan tempat yang lembab. Untuk itu, sangat disarankan agar anda sering menguras bak mandi agar tidak menjadi sarang nyamuk untuk bertelur.

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah

Penderita DBD biasanya akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa bahkan terasa hingga ke tulang. Penyakit ini memang tergolong berbahaya dan dari tahun ke tahun angka kematian akibat demam berdarah terus bertambah. Untuk mendiagnosa apakah orang tersebut terkena DBD atau tidak dapat dilihat dari ciri-ciri seperti suhu tubuh meningkat hingga 41 derajat, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot dan merasa sakit pada bagian belakang mata. Sebelum kita terkena penyakit tersebut, ada baiknya anda melakukan pencegahan. Beberapa tindakan dibawah ini dianggap mampu menghindarkan kita dari bahaya demam berdarah.

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah

  1. Ikuti Anjuran 3M

Seperti yang diberitakan ditelevisi bahwa untuk mencegah demam berdarah sebaiknya kita melakukan anjuran 3M yaitu Menutup bak mandi rapat-rapat, Menguras bak mandi setidaknya satu minggu sekali dan Mengubur barang-barang bekas agar tidak menjadi sarang nyamuk. Jika hal tersebut dapat anda terapkan dalam kehidupan setiap hari maka anda akan terhindar dari bahaya DBD.

  1. Gunakan Lotion Anti Nyamuk

Agar tidak digigit nyamuk Aedes Aegypti, ketika hendak tidur sebaiknya gunakan lotion anti nyamuk. Ada banyak jenis lotion yang bisa anda gunakan dan dapatkan diwarung-warung terdekat. Selain lotion, anda juga bisa menggunakan obat nyamuk bakar. Namun penggunaan obat nyamuk bakar kurang baik bagi kesehatan terutama jika dirumah ada anak kecil karena dapat membuat sesak napas.

  1. Gunakan Kelambu
Baca...  Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes Aegypti, anda juga bisa menggunakan kelambu pada saat tidur terutama jika dirumah terdapat anak kecil maka sebaiknya anda menggunakan kelambu ketika tidur dengan begitu maka nyamuk tidak akan mampu menembus kemambu dan menggigit anda.

  1. Menanam Tanaman Tulasi

Tanaman Tulasi merupakan jenis tanaman yang yang tidak disukai nyamuk karena baunya yang menyengat. Untuk itu, agar terhindar dari gigitan nyamuk, sebaiknya anda tanam jenis tanaman tersebut disekitar rumah.

  1. Bakar Kapur Barus

Jika dirumah kita melihat nyamuk-nyamuk berterbangan, cara ampuh untuk membunuh nyamuk-nyamuk tersebut yaitu dengan membakar kapur barus pada ruangan tersebut. Setelah membakarnya, tutup ruangan rapat-rapat agar nyamuk tidak dapat keluar kurang lebih selama 15 menit maka semua nyamuk yang berada didalam ruangan tersebut akan mati.

Demam berdarah adalah jenis penyakit berbahaya yang dapat mengancam jika kita, untuk itu pencegahan sejak dini harus dilakukan agar keluarga kita terhindar dari penyakite tersebut. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *