Cara Alami Mengobati Kaligata

Mengobati Kaligata – Kaligata, perniosis atau pernio merupakan salah satu jenis dari radang dingin, yang biasa ditunjukkan dengan munculnya bisul atau bentol dengan lepuh pada beberapa bagian tubuh, seperti jari tangan, jari kaki, hidung, dan telinga. Pada umumnya kaligata muncul saat musim dingin. Selain itu kaligata juga dapat muncul akibat perubahan hormonal, sirkulasi darah yang kurang baik, anemia, genetika, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba salah satu dari beberapa cara alami mengobati kaligata pada daftar berikut.

 

  1. Jus lemon

Jus lemon memiliki kandungan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kaligata. Anda bisa menerapkan ramuan jus lemon ke area kaligata hingga merata. Efek dari penerapan ini mungkin sangat menyengat, namun hasilnya akan efektif dan cepat.

 

  1. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang bersifat antiseptik dan anti-inflamasi, sehingga cocok untuk mengatasi gatal serta radang yang muncul akibat kaligata. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

Untuk cara penggunaannya, Anda bisa menyiapkan terlebih dahulu minyak bawang putih. Setelah itu gosokkan minyak tersebut ke area yang gatal. Metode ini juga sangat baik untuk melancarkan aliran darah dan mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul akibat kaligata.

 

  1. Kentang

Gatal dan radang akibat kaligata dapat diatasi juga dengan menggunakan sepotong kentang. Hal ini karena sifat penenang dan anti-iritasi yang ada pada kentang dapat membantu meredakan dampak kaligata, sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Anda bisa memotong kentang beberapa irisan. Setelah itu taburkan sedikit garam pada lapisan kentang tersebut. Selanjutnya terapkan kentang ke area yang terkena kaligata. Anda juga bisa merendam 2 buah kentang dengan segelas air putih, lalu rebus selama 15 menit. Selanjutnya dinginkan, lalu rendam bagian kuli yang terkena kaligata selama 10 menit.

Baca...  4 Obat Gusi Bengkak Tradisional yang Ampuh

 

  1. Oatmeal

Anda juga bisa menggunakan oatmeal, gandum, atau havernut sebagai cara alami mengobati kaligata. Nantinya oatmeal akan membantu meringankan berbagai dampak yang muncul, seperti iritasi, rasa nyeri, dan gatal-gatal.

Untuk penerapannya, Anda bisa membuat oatmeal menjadi bubur hangat. Setelah itu, terapkan, lalu cuci dengan air dingin. Anda juga bisa membuat oatmeal menjadi bubur kasar, lalu masukkan ke dalam air bak mandi sebanyak 2 sdm. Lanjutkan dengan merendam bagian kulit yang terkena kaligata pada bak tersebut.

 

  1. Olahraga

Agar kaligata dapat lebih cepat sembuh, Anda harus meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Salah satunya adalah dengan rutin berolahraga. Anda bisa melakukan latihan rutin 30 menit setiap hari. Cara ini juga sangat cocok untuk menangkal kaligata di musim dingin. Untuk jenis olahraganya sendiri bermacam-macam. Anda bisa berjalan-jalan, jogging, berlari, berenang, ataupun melakukan latihan-latihan lainnya yang berhubungan dengan kardiovaskular.

 

  1. Makanan kaya gizi

Penting bagi Anda yang sedang mengalami kaligata untuk rutin mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan asam lemak esensial dan vitamin, karena dapat berkhasiat untuk kulit, sekaligus mempercepat proses penyembuhan. Selain itu konsumsi pula makanan yang mengandung banyak kalsium.

 

  1. Tepung, madu, dan putih telur

Anda bisa membuat masker dari campuran madu, tepung, dan putih telur dengan perbandingan yang sama. Selanjutnya terapkan adonan tersebut ke seluruh area kulit yang terkena kaligata. Diamkan ramuan tersebut semalaman hingga mengering, lalu cuci dengan air hangat pada pagi harinya. Lakukan cara ini selama satu minggu atau lebih.

 

  1. Memijat

Cara alami mengobati kaligata yang terakhir adalah dengan menggunakan teknik-teknik pijatan. Bagian tubuh yang paling efektif untuk dipijat adalah lengan dan kaki. Lakukan pijatan dengan lembut secara melingkar sebanyak 2 kali dalam sehari. Dengan pijatan, sirkulasi darah akan berjalan lebih lancar. Anda juga bisa menggunakan minyak jarak atau kelapa saat memijat.

Baca...  Bahan Herbal untuk Mengobati Infeksi Telinga

Incoming search terms:

  • obat kaligata
  • kaligata
  • cara menghilangkan kaligata
  • cara menyembuhkan kaligata
  • cara mengobati kaligata
  • obat kaligato
  • obat alami kaligata
  • cara mengatasi kaligata
  • obat kaligata alami
  • obat galigato
  • menghilangkan kaligata dengan cepat
  • mengatasi kaligata
  • obat kali
  • obat tradisional untuk kaligata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *