Mengobati Infeksi Telinga

Bahan Herbal untuk Mengobati Infeksi Telinga

Mengobati Infeksi Telinga – Seperti namanya, penyakit ini muncul akibat infeksi, yang mana pelaku pada umumnya adalah virus ataupun bakteri. Untuk penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari infeksi saluran pernapasan atas, penumpukan kotoran telinga, alergi, genetika, luka, hingga kekurangan gizi. Sedangkan gejalanya sendiri meliputi rasa sakit, sulit untuk tidur, pusing, sensitif terhadap suara, demam yang tinggi, keluarnya cairan dari telinga, diare, muntah, dan lain sebagainya.

Mengobati Infeksi Telinga

Untuk mengatasi masalah kesehatan yang sering diidap oleh anak-anak ini, ada baiknya Anda mencoba mengolah beberapa bahan herbal untuk mengobati infeksi telinga pada pembahasan berikut.

Bahan Herbal untuk Mengobati Infeksi Telinga

 

  1. Bawang putih

Kandungan pada bawang putih dipercaya memiliki sifat antimikroba, sehingga cocok untuk membantu mengobati infeksi pada telinga. Untuk pemakaiannya, Anda bisa memasak 2 siung bawang putih bersama dengan minyak mustard ataupun minyak wijen. Diamkan hingga warna berubah menjadi kehitaman. Setelah itu saring dan terapkan 2 hingga 4 tetes minyak tersebut ke telinga setelah sebelumnya didinginkan.

 

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh terkenal akan kandungannya yang bersifat antibakteri. Sifat tersebutlah yang akan berperan aktif dalam membantu melawan infeksi pada telinga. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mencampurkan 3 tetes minyak pohon teh dengan 2 sdm minyak zaitun, 1 sdt koloid perak, dan 1 sdt cuka apel. Selanjutnya hangatkan semua campuran tersebut.

Jika ramuan sudah jadi, sekarang Anda bisa meneteskan ramuan tersebut ke dalam telinga. Gunakan pipet untuk melakukannya dengan takaran 5 tetes saja. Anda juga bisa meletakkan handuk pada sisi telinga agar minyak tidak berjatuhan. Diamkan ramuan bereaksi selama 5 menit, lalu palingkan kepala ke arah berlainan agar cairan keluar.

 

  1. Bawang merah
Baca...  Kisaran Biaya Operasi Hernia Di Rumah Sakit Indonesia

Anda juga bisa mengobati infeksi telinga dengan menggunakan bawang merah. Caranya sangatlah mudah, dimana Anda hanya perlu membuat bawang merah menjadi jus, setelah itu panaskan di dalam microwave. Selanjutnya dinginkan hingga nantinya Anda akan melihat bawang menjadi seperti minyak. Kemudian gunakan minyak tersebut sebagai obat tetes, sekitar 2 hingga 3 tetes saja. Lakukan metode ini sembari menggoyang-goyangkan kepala.

 

  1. ASI

Percaya atau tidak, ASI (Air Susu Ibu) adalah obat yang efektif untuk menyembuhkan infeksi telinga. Hal ini karena kandungan yang terdapat pada ASI salah satunya memiliki sifat antibodi alami, sehingga proses pengobatan bisa berjalan lebih cepat dan bengkak serta rasa nyeri yang muncul bisa dikurangi.

Untuk cara penggunaannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu meneteskan ASI beberapa tetes saja ke telinga yang terkena infeksi. Lakukan metode ini setiap beberapa jam sekali.

 

  1. Cuka sari apel

Bahan herbal lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobati infeksi telinga adalah cuka sari apel. Nantinya kandungan pada cuka apel akan membantu melawan infeksi yang diakibatkan oleh jamur.

Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mencampurkan terlebih dahulu cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Setelah itu rendam bola kapas di dalamnya. Lanjutkan dengan menerapkan bola kapas tersebut ke bagian telinga yang sakit. Diamkan selama 5 menit. Selanjutnya buang kapas, lalu putar kepala ke arah berlawanan sembari berbaring.

 

  1. Kemangi

Daun kemangi atau basil bukan hanya dapat dijadikan rempah-rempah, namun juga sebagai bahan herbal mengobati banyak penyakit, termasuk infeksi telinga. Nantinya kemangi juga akan membantu mengurangi gejala-gejala yang timbul.

Untuk penggunaannya, Anda bisa membuat 4 sampai 5 lembar kemangi menjadi jus. Setelah itu terapkan jus tersebut ke area telinga yang sakit. Anda juga bisa mengolah kemangi bersama dengan minyak kelapa, lalu menggunakannya sebagai obat tetes.

Baca...  Cara Alami Mengobati Kaligata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *