makanan-mengandung-magnesium-terbaik

8 Jenis Makanan yang Mengandung Magnesium Terbaik

Hanya sedikit orang yang sadar mengenai manfaat dari magnesium dan peran pentingnya dalam menjaga tubuh anda agar tetap sehat. Mineral ini sangat berperan hampir di semua fungsi dan jaringan di dalam tubuh anda, termasuk mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh, mencegah peradangan penyebab kanker, meningkatkan kesehatan jantung, dan bisa mengurangi resiko anda terkena serangan jantung.

Penelitian dari Harvard University bahkan menemukan bahwa asupan magnesium yang tinggi dapat mengurangi resiko anda mengembangkan diabetes hingga 33 persen. Penelitian lainnya juga menemukan bahwa mineral super ini dapat membantu menangkal depresi dan migrain.

Beberapa manfaat lainnya secara spesifik yang bisa anda dapatkan dari magnesium diantaranya:

  • Mengurangi Penyakit Kardiovaskular. Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa asupan magnesium yang tinggi dapat mengurangi resiko anda terkena stroke sebanyak 8 persen dan serangan jantung sebanyak 38 persen.
  • Mengobati Fibromyalgia. Penelitian yang dipublikasikan di Magnesium Research menemukan bahwa magnesium dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat gejala fibromyalgia.
  • Mencegah Diabetes Tipe-2. Mendapatkan banyak asupan makanan yang mengandung magnesium dapat menurunkan resiko anda terkena diabetes secara signifikan karena mineral tersebut memainkan peran penting dalam metabolisme glukosa.
  • Mencegah Osteoporosis. Magnesium merupakan mineral penting untuk pembentukan tulang dan untuk pemanfaatan kalsium. Faktanya, lebih dari separuh magnesium di dalam tubuh manusia disimpan di dalam tulang.
  • Mencegah Migrain. Kekurangan magnesium telah dikaitkan dengan sakit kepala migrain karena hilangnya keseimbangan neurotransmitter di dalam tubuh.
Baca...  Ilmu Gizi Kaitannya dengan Kesehatan

Meskipun anda bisa mendapatkan asupan magnesium dari suplemen, tetapi para ahli menyarankan anda untuk mendapatkannya melalui makanan alami. Ingin tahu jenis makanan yang memiliki kandungan magnesium tertinggi? Dan berikut adalah daftarnya.

 

8 Jenis Makanan yang Mengandung Magnesium Terbaik

 

A. Sayuran Hijau Tua

Dalam dunia nutrisi, sayuran hijau tua memainkan peran penting sebagai super food yang sangat ampuh karena menawarkan vitamin dan mineral penting serta sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Anda bisa memilih bayam atau kale untuk disantap. Karena selain mengandung magnesium yang tinggi, kedua jenis sayuran tersebut juga sangat rendah kalori.

 

B. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Hanya setengah cangkir dari biji labu saja sudah menyediakan hampir 100 persen kebutuhan magnesium harian anda. Jenis kacang dan biji lainnya yang mengandung kadar magnesium tinggi diantaranya kacang almond, kwaci, kacang Brazil, kacang mete, biji rami, dan kemiri. Semua makanan ini bisa anda gunakan sebagai teman camilan anda di sore hari.

 

C. Ikan Berlemak

Selain menjadi sumber dari vitamin D dan asam lemak omega-3, ikan berlemak seperti makarel, salmon liar, dan tuna dapat memberikan kebutuhan magnesium harian anda. Pastikan anda mendapatkan makanan-makanan tersebut sekurang-kurangnya seminggu sekali.

 

D. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang polong tersehat yang bisa anda temukan. Dikemas dengan sejumlah serat, vitamin, mineral, serta asam amino, kacang kedelai juga menyediakan hampir separuh dari kebutuhan magnesium harian anda. Beberapa jenis kacang polong lainnya yang tak kalah dalam memberikan magnesium adalah kacang hitam, kacang merah, kacang putih, buncis, dan lentil.

 

E. Alpukat

Selain dipenuhi dengan multivitamin, nutrisi untuk jantung sehat, dan senyawa kimia yang menangkal penyakit, alpukat menjadi salah satu buah bergizi dan serbaguna yang bisa anda manfaatkan. Dengan mengkonsumsi buah alpukat, anda bisa mendapatkan 15 persen kebutuhan magnesium harian anda.

Baca...  Makanan Sehat dan Bergizi untuk Diet Alami

 

F. Pisang

Jenis buah lainnya yang sangat menyehatkan, pisang dikenal dengan kandungan potasium-nya yang dapat mendukung kesehatan jantung dan kekuatan tulang. Selain itu, satu buah pisang berukuran sedang saja sudah menyediakan sekitar 32 miligram magnesium, bersama dengan vitamin C dan serat. Pisang juga hanya memiliki 100 kalori sehingga menjadikannya sebagai pencuci mulut sempurna setelah sarapan atau sekedar dijadikan sebagai camilan.

 

G. Coklat Hitam

Selain menjadi makanan primadona bagi kaum hawa, coklat hitam juga ternyata mengandung magnesium yang menyehatkan. Satu batang coklat saja sudah menyediakan sekitar 24 persen kebutuhan magnesium harian anda dan hanya memiliki 145 kalori. Selain itu, coklat hitam juga dikemas dengan antioksidan yang dapat membantu anda menurunkan tekanan darah, memperbaiki aliran darah, dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

 

H. Yogurt Rendah Lemak

Magnesium dan kalsium yang terdapat dalam yogurt bisa menjadi pasangan serasi untuk mendukung kesehatan tubuh anda. Hal ini karena ketika anda cukup mendapatkan magnesium, maka akan membuat tubuh anda lebih mudah menyerap kalsium dan menggunakannya dengan cara yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *