7 Manfaat Berjalan Kaki Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Orang-orang yang pergi ke suatu tempat dengan berjalan kaki kini sudah sangat jarang bisa ditemui di Indonesia, terlebih di kota-kota besar. Berbeda dengan di negara-negara maju di luar sana, selain minimnya fasilitas untuk para pejalan kaki, orang Indonesia sendiri lebih memilih untuk menggunakan sepeda motor, mobil, atau kendaraan umum untuk sampai di tempat tujuan mereka.

Padahal jika di lihat dari sisi kesehatan, berjalan kaki memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh anda. Tidak hanya kesehatan fisik, tetapi kesehatan mental pun bisa mendapatkan keuntungan darinya. Seperti misalnya ketika anda sedang berjalan-jalan dengan seseorang atau teman terdekat, anda bisa mendapatkan lebih banyak waktu untuk menikmati obrolan santai di jalan sambil menikmati setiap pemandangan yang anda lewati.

Penelitian juga bahkan telah menunjukkan bahwa berjalan-jalan merupakan salah satu cara efektif untuk menangkal stres. Nah, selain dapat memberikan kesehatan mental untuk anda, berikut juga telah kami paparkan beberapa kesehatan fisik yang bisa anda dapatkan jika memiliki hobi berjalan kaki setiap hari.

 

7 Manfaat Berjalan Kaki Untuk Kesehatan Fisik dan Mental


 

  • Dapat Menguatkan Jantung Anda

Anda bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke hanya dengan berjalan kaki. Ini merupakan pengobatan termurah dan termudah yang bisa anda dapatkan. Berjalan kaki termasuk ke dalam latihan kardio dimana dapat mengurangi kolesterol buruk LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL secara bersamaan.

The Stroke Association mengatakan bahwa berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membantu anda mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab stroke, pengurangan tersebut bahkan mencapai hingga 27 persen.

 

  • Menurunkan Resiko Penyakit Kronis
Baca...  Penyebab Jerawat Yang Dapat Diatasi Untuk Pencegahan

Berjalan kaki setiap hari secara teratur dapat mengurangi resiko anda terkena penyakit diabetes tipe-2 bahkan hingga 60 persen. Selain itu, hobi berjalan kaki juga dapat menurunkan pengembangan penyakit kanker usus besar, kanker payudara dan kanker rahim sebanyak 20 persen. Mungkin inilah salah satu penyebab meningkatnya para penderita penyakit kanker dari tahun ke tahun di Indonesia: Banyak orang yang malas berjalan kaki dan lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor saat pergi ke suatu tempat meskipun itu hanya berjarak kurang dari 1 km.

 

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Anda bisa membakar sebanyak 75 kalori hanya dengan berjalan kaki dengan kecepatan kurang lebih 3 km per jam selama 30 menit. Anda juga bisa menaikkan kecepatan berjalan anda menjadi 5 km per jam agar bisa membakar kalori sebanyak 99 kalori, dan jika sudah terbiasa anda bisa menaikkannya lagi hingga mencapai 6 km per jam sehingga bisa membakar sebanyak 150 kalori sekali jalan. Tentu saja, aktivitas ini dapat membantu anda menurunkan berat badan dengan cara yang lebih mudah.

 

  • Mencegah Dementia

Orang-orang yang sudah memasuki usia tua dapat mencegah penyusutan otak dan menjaga kemampuan memori otak mereka dengan cara berjalan kaki sebanyak 1,5 km per minggunya. Karena demensia merupakan penyakit yang dapat menyerang 1 dari 14 orang yang berusia diatas 65 tahun, dan 1 dari 6 orang yang berusia diatas 80 tahun, berjalan kaki menjadi cara terbaik untuk mencegah anda terkena penyakit tersebut.

 

  • Meningkatkan Kadar Vitamin D Dalam Tubuh

Pada dasarnya, kita semua harus berada di luar ruangan setidaknya 30 menit setiap hari agar tetap sehat. Banyak orang Indonesia mengalami kekurangan vitamin D, sehingga dapat mempengaruhi berbagai macam hal-hal penting di dalam tubuh seperti kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Selain dapat ditemukan dalam makanan, ternyata dengan berjalan-jalan di luar ruangan pun dapat meningkatkan kadar vitamin D di dalam tubuh anda.

Baca...  8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

 

  • Memberikan Anda Lebih Banyak Energi

Anda merasa kekurangan energi akhir-akhir ini? Cobalah untuk mengubah kebiasaan anda dengan berjalan kaki secara cepat, karena dapat meningkatkan sirkulasi dan suplai oksigen ke setiap sel-sel di tubuh anda sehingga membuat anda merasa lebih waspada dan hidup. Cobalah berjalan-jalan di siang hari di sela-sela istirahat kerja anda selama 5 hingga 10 menit agar bisa memiliki lebih banyak energi sampai sore hari.

 

  • Membuat Anda Lebih Bahagia

Seperti yang telah disebutkan diatas, berjalan kaki juga dapat mempengaruhi kesehatan mental anda karena latihan memang dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan kaki dengan cepat memiliki efek yang sama seperti antidepresan untuk anda yang tengah menderita depresi ringan hingga sedang.

Berjalan kaki dapat melepaskan endorfin, yaitu sejenis hormon yang membawa perasaan baik sekaligus mengurangi stres dan kecemasan. Jadi, jika anda ingin mendapatkan kesehatan mental yang tanpa efek samping, maka berjalan kaki bisa menjadi cara terbaik untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *