Kebiasaan yang Dapat Merusak Mata

Ternyata 7 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Mata Anda

Dari dulu kita selalu diingatkan oleh orang tua kita agar tidak duduk terlalu dekat dengan layar televisi karena bisa merusak mata. Tetapi, menurut American Academy of Ophthalmology mengatakan bahwa mereka tidak menemukan dasar dan bukti yang kuat bahwa aktivitas tersebut bisa membahayakan mata seseorang.

Tetapi di samping dari menonton TV terlalu dekat, terdapat beberapa hal lain yang justru bisa membuat mata anda rusak secara perlahan tanpa anda sadari sama sekali. Ironisnya, kebiasaan-kebiasaan berbahaya tersebut selalu dilakukan dari waktu ke waktu, bahkan hampir setiap hari. Jadi, pastikan anda segera menghentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut, dimana telah kami paparkan di bawah ini.

 

7 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Mata


 

1. Menyimpan Kontak Lensa Mata di Wadah Yang Sama Terlalu Lama

Seiring dengan berjalannya waktu, bakteri dari kontak lensa anda akan berkumpul di dalam wadah, sehingga anda harus menggantinya sesering mungkin. Kuman-kuman dari wadah tersebut dapat menempel kembali ke permukaan kontak lensa anda dan berkembang biak. Kemudian ketika kontak lensa tersebut ditempelkan ke mata anda, maka anda beresiko mendapatkan gangguan seperti ulkus kornea, yaitu sejenis luka terbuka yang disebabkan oleh infeksi yang menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat, gatal-gatal, sensitif terhadap cahaya, dan penglihatan yang kabur.

Itulah sebabnya, Ray Chan, MD, seorang dokter mata dari Texas Health Arlington Memorial Hospital menyarankan anda untuk membuang wadah kontak lensa anda dan menggantinya dengan yang baru setidaknya setiap 3 hingga 4 bulan sekali.

Baca...  5 Kebiasaan Agar Terhindar dari Sakit Gigi

Selain menggantinya, anda juga harus tetap merawat wadah lensa kontak yang tengah anda miliki saat ini. Caranya sangat mudah, anda bisa merebusnya selama 5 menit di dalam air yang mendidih seminggu sekali. Cara tersebut dapat membunuh kuman yang telah berkumpul di sana.

2. Menggosok Mata

Meskipun kadang aktivitas tersebut terasa sangat nyaman, terutama saat mata anda terasa gatal, tetapi menggosok mata dengan keras terlalu sering dapat memecahkan pembuluh darah dan membuat mata anda terlihat merah. Pecahnya pembuluh darah sebenarnya bukanlah sesuatu yang terlalu serius, tetapi tetap saja tangan anda bisa menyebarkan bakteri dan virus ke bulu mata dan kelopak mata, sehingga meningkatkan resiko anda terkena infeksi.

Terlebih lagi, menggosok mata dapat menyebabkan peradangan di sekitar mata anda, dimana dapat membuatnya terkena iritasi dan membuat anda ingin menggosoknya terus menerus.

3. Memegang Mata Anda Sebelum Mencuci Tangan

Penelitian dari Journal of Occupational and Environmental Hygiene menemukan bahwa rata-rata orang memegang muka mereka sebanyak 16 kali setiap jam. Hal ini meningkatkan kemungkinan anda menyentuh mata atau kelopak mata anda dimana dapat mengirimkan bakteri atau virus dari tangan ke mata dan menyebabkan infeksi. Demi mencegahnya, pastikan anda untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan aktivitas atau menyentuh benda tertentu.

4. Membersihkan Kontak Lensa Dengan Air (atau air liur) Anda

Ini mungkin terdengar jorok, tapi sebenarnya banyak orang yang melakukannya baik disadari maupun tanpa disadari. Air liur dipenuhi dengan kuman dan bakteri, sementara air keran mengandung amoeba yang berbahaya. Organisme-organisme tersebut dapat menyebabkan anda terkena Acanthamoeba Keratitis, yaitu sejenis infeksi yang dapat membuat anda kehilangan penglihatan secara permanen.

Baca...  Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah

Sehingga, anda harus memilih dengan teliti cairan apa yang harus anda gunakan untuk membersihkan kontak lensa anda. Seperti yang telah dijelaskan di nomor satu, anda bisa membersihkannya dengan merendamnya di air yang mendidih selama 5 menit.

5. Berenang Tanpa Mengenakan Kacamata Renang

Kacamata renang bisa memberikan perlindungan terhadap mata anda untuk menghalangi senyawa berbahaya di dalam air. Sama halnya seperti air keran, air tawar dan air asin juga mengandung mikroorganisme dan bakteri yang berbahaya, bersama dengan kotoran yang dapat mengiritasi mata anda. Terlebih air kolam dapat membuat mata anda merah dan terasa tidak nyaman.

Ketika klorin yang biasa digunakan untuk menjernihkan kolam renang bercampur dengan keringat, air kencing, dan kotoran lainnya, maka bisa membentuk chloramines, yaitu sejenis senyawa yang dapat membuat mata anda iritasi dan kemerahan. Kacamata renang anda tidak harus mahal, asalkan bisa menjaga mata anda dari air kolam sudah cukup untuk memberikan perlindungan yang maksimal terhadap kesehatan mata anda.

6. Terlalu Sering Menggunakan Obat Tetes Mata

Ironisnya, obat tetes mata yang seharusnya membuat mata anda jernih malah dapat menyebabkan mata anda tambah memerah. Obat tetes mata tersebut bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah di mata sehingga mengurangi aliran darah di sana. Dengan begitu dapat membuat mata anda terlihat jernih. Tetapi menggunakannya terlalu sering malah akan memberikan dampak yang sebaliknya karena mata anda berusaha untuk segera beradaptasi dengan obat tersebut.

7. Tidak Mengenakan Pelindung Mata Saat Bekerja

Menurut American Academy of Ophthalmology, lebih dari 40% cedera mata disebabkan oleh kegiatan-kegiatan seperti memperbaiki rumah, pekerjaan di pekarangan rumah, dan membersihkan rumah. Hal ini karena membuat kotoran atau bahkan benda tajam dengan lebih mudah masuk ke dalam mata anda dan bisa menyebabkan kerusakan.

Baca...  Obat Herbal Diabetes Alami dan Tradisional

 

Jadi, sepele apapun pekerjaan anda, jangan lupa untuk selalu mengenakan perlindungan, karena seperti kata-kata bijak yang sudah sering kita dengar: Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *