Makanan yang Mengandung Banyak Air

7 Jenis Makanan yang Mengandung Banyak Air

7 Jenis Makanan Banyak Mengandung Air

Sudah banyak ahli kesehatan yang menyarankan anda untuk mendapatkan 8 gelas air per hari. Meskipun terdengar mudah dan sederhana, tetapi ternyata sangat sulit untuk dilakukan. Untungnya ada cara lain yang bisa anda lakukan agar tubuh anda tetap bisa terhidrasi dengan baik.

Mendapatkan asupan cairan secukupnya bukan hanya didapatkan dari air putih saja, tetapi anda juga bisa mendapatkannya dari sumber lain, seperti makanan dan minuman terutama buah-buahan dan sayuran.

Meskipun begitu, anda tetap tidak boleh melewatkan asupan air putih karena pada dasarnya asupan H2O dari makanan hanya sebesar 20% saja. Itu artinya, sebanyak 80% asupan cairan harus tetap anda dapatkan dari air minum, terlebih di tempat panas seperti ibukota Jakarta. Adapun makanan-makanan yang bisa anda manfaatkan untuk menjaga tubuh anda tetap terhidrasi adalah sebagai berikut.

 

1. Mentimun

Mentimun merupakan jenis buah yang memiliki kandungan air tertinggi jika dibandingkan dengan makanan lainnya. Buah jenis ini mengandung sekitar 96% air dan bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia. Untuk membuat manfaatnya terasa lebih ampuh, anda bisa mencampurnya dengan yogurt tanpa lemak yang bisa anda konsumsi di siang hari ketika cuaca benar-benar terasa sangat panas. Atau anda juga bisa memasukkannya ke dalam sup dan dijadikan sebagai teman makan malam anda.

 

Baca...  6 Fakta Tentang Kentang: Menyehatkan atau Merugikan Terhadap Kesehatan?

2. Selada

Selada mengandung sebanyak 95% air dan berada di urutan ke dua sebagai makanan yang dapat menjaga tubuh anda tetap terhidrasi setelah mentimun. Meskipun para ahli kesehatan selalu menyarankan anda untuk lebih memilih bayam atau jenis sayuran hijau lainnya karena mengandung serat, folat, dan vitamin K, tetapi jika berbicara mengenai hidrasi, maka selada masih jauh lebih menang jika dibandingkan dengan sayuran-sayuran super tersebut.

Jadi, jika anda merasa kepanasan karena temperatur udara naik di kota Jakarta atau di tempat-tempat tropis lainnya, maka anda bisa mengkonsumsi roti isi selada saat makan siang, atau bisa dijadikan sebagai teman lalapan dengan nasi.

 

3. Seledri

Selain rendah kalori, seledri juga memiliki kandungan air yang sama dengan selada, yaitu sekitar 95%. Tetapi, seledri juga didukung dengan kandungan serat yang dapat membuat anda merasa lebih kenyang dan mencegah anda untuk makan berlebih, sehingga cocok bagi anda yang tengah berupaya menurunkan berat badan. Sayuran ringan ini juga dipenuhi dengan berbagai macam nutrisi penting seperti folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Berkat kandungan airnya yang tinggi, seledri bahkan mampu menetralisir asam di lambung dan sering digunakan sebagai obat untuk penyakit asam lambung dan heartburn.

 

4. Paprika Hijau

Paprika pada dasarnya memiliki kandungan air yang tinggi, tetapi paprika hijau berada di urutan nomor satu jika dibandingkan dengan jenis paprika lainnya. Dengan kandungan air sekitar 94%, paprika juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

5. Kembang Kol

Selain dapat menjaga tubuh anda tetap terhidari dengan kandungan airnya sebanyak 92%, kembang kol juga ternyata dikemas dengan vitamin dan fitonutrien yang telah terbukti dapat menurunkan kolesterol hingga melawan kanker, termasuk kanker payudara. Fakta ini telah dibuktikan oleh penelitian di tahun 2012 pada pasien kanker payudara dimana para ahli dari Vanderbilt University menemukan bahwa mengkonsumsi sayuran jenis cruciferous seperti kembang kol dapat menurunkan resiko kematian seseorang diakibatkan oleh penyakit tersebut.

Baca...  Makanan Sehat dan Bergizi Bagi Tubuh Kita

 

6. Semangka

Semangka merupakan jenis buah yang paling mudah dikenali memiliki kandungan air yang banyak, terutama saat anda menggigitnya. Tetapi manfaatnya tidak selesai sampai disana. Selain memiliki kandungan air sebanyak 91%, semangka juga memiliki kandungan lycopene, yaitu sejenis antioksidan untuk melawan kanker yang biasa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna merah. Faktanya, semangka mengandung lebih banyak lycopene jika dibandingkan dengan tomat mentah.

 

7. Bayam

Selada memang memiliki kandungan air yang tinggi, tetapi bayam juga tidak mau kalah dalam menjaga tubuh anda agar tetap terhidrasi. Dikemas dengan 91% kandungan air, bayam juga kaya akan luten, potasium, serat, dan folat penguat otak. Hanya sebanyak 1 cangkir bayam saja sudah mengandung 15% kebutuhan asupan vitamin E harian anda. vitamin E juga termasuk ke dalam antioksidan yang dapat melawan molekul yang merusak yang dikenal dengan radikal bebas.

Incoming search terms:

  • macam2 makanan yang mengandung air
  • nama makanan yg mengandung air
  • sumber makanan yang mengandung air com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *