Makanan Antioksidan

7 Jenis Makanan yang Mengandung Antioksidan

Mungkin anda pernah mendengar kata-kata ini jutaan kali, “cara terbaik untuk tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung vitamin”. Tapi terkadang, kita benar-benar tidak tahu makanan apa saja yang kaya akan vitamin tersebut, dan tidak sedikit dari kita malah memilih untuk mengkonsumsi makanan junk food yang justru bisa membawa malapetaka terhadap kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jangka yang panjang.

Sebut saja super food, yaitu istilah yang ditujukan untuk makanan-makanan yang dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan dimana dapat mengurangi kerusakan sel dan mengarah ke kesehatan jantung, mencegah atau mengobati kanker, Alzheimer, dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

Tetapi, terkadang kita selalu terfokus pada makanan yang mengandung vitamin dan mineral saja, sementara kandungan antioksidan dalam makanan tidak mendapatkan perhatian lebih. Padahal, antioksidan sendiri dapat membantu tubuh anda menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai macam penyakit yang mematikan.

Maka dari itulah, artikel ini akan secara khusus membahas tentang jenis makanan mana saja yang memiliki kandungan antioksidan. Jika dilihat dari manfaatnya, antioksidan juga merupakan molekul yang perlu anda dapatkan setiap hari. Dimulai dari buah-buahan dan sayuran, berikut adalah daftar makanan super yang mengandung antioksidan untuk anda.

 

7 Jenis Makanan yang Mengandung Antioksidan

 

  • Anggur

Pada dasarnya, semua jenis anggur mengandung antioksidan yang tinggi, terutama anggur yang berwarna gelap. Anggur jenis ini dikemas dengan fitokimia, yaitu sejenis antioksidan yang mampu membantu melindungi anda terhadap kanker dan penyakit jantung. Lebih spesifiknya, jenis fitokimia yang disebut dengan antosianin dan proantosianidin juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh anda dengan lebih baik. Tak hanya itu, anggur juga mengandung vitamin C dan selenium yang baik untuk tubuh anda.

Baca...  5 Manfaat yang Bisa Didapatkan Dari Mengkonsumsi Mentimun

 

  • Blueberry

Penelitian binatang baru-baru ini menemukan bahwa blueberry dapat membantu menjaga sel-sel dari kerusakan dan mengurangi peradangan. Blueberry mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dikenal mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, bersama dengan fitokimia yang dapat membantu menjaga anda dari kanker dan penyakit jantung.

 

  • Berry Merah

Jenis berry tertentu, seperti raspberry dan stroberi mengandung asam ellagic, yaitu sejenis jenis fitokimia yang mampu menjaga anda terhadap agen penyebab kanker yang datang baik dari makanan maupun dari lingkungan sekitar.

 

  • Kacang

Kacang merupakan salah satu makanan yang paling seimbang karena menawarkan dosis yang cukup dari lemak sehat bersama dengan protein dan karbohidrat dalam jumlah yang kecil. Setiap jenis kacang-kacangan menawarkan jumlah berbeda dari mineral, fitokimia, dan jenis lemak tertentu. Kacang kenari misalnya, dimana memiliki kandungan tertinggi dari asam lemak omega-3 tanaman. Sementara itu, kebanyakan kacang mengandung fitokimia seperti resveratrol dan sterol tumbuhan yang dikenal dapat membantu menurunkan kolesterol.

 

  • Sayuran Hijau

Sayuran super ini mengandung nutrisi dimulai dari vitamin C, vitamin A, vitamin E, hingga kalsium yang tinggi, dimana mereka dapat membantu tubuh anda melawan penyakit. Tak lupa mereka pun dikemas dengan magnesium dan kalium.

Selain menawarkan vitamin dan mineral yang menyehatkan, sayuran hijau ini juga siap memberikan anda jenis antioksidan fitokimia seperti kaempferol yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan memiliki sifat anti-kanker.

 

  • Kentang, Ubi Manis dan Sayuran Kuning lainnya

Baik kentang maupun ubi manis, keduanya bisa memberikan anda nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, dan serat. Tetapi ubi manis memiliki lebih banyak nutrisi karena dikemas dengan kalsium dan sejumlah vitamin A. Sayuran kuning lainnya juga kaya akan fitokimia. Sebut saja wortel yang sudah terkenal di kalangan orang dewasa dan anak-anak memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata.

Baca...  Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

 

  • Teh

Satu tegukan dari teh saja sudah bisa memberikan anda dua jenis fitokimia yang sangat ampuh, yaitu antosianin dan pro-antosianin. Kedua antioksidan tersebut dapat membantu anda melawan peradangan. Jenis teh hijau memiliki manfaat yang lebih baik karena mengandung antioksidan yang disebut dengan epigallocatechin gallate (EGCG). Minuman ini sangat cocok bagi anda yang tidak begitu suka mengkonsumsi kafein yang biasanya ditemukan dalam teh biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *