Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

6 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung – Selain olahraga teratur, mengonsumsi makanan yang baik juga penting jika ingin organ jantung tetap terjaga kesehatannya. Bahkan menurut sebuah penelitian disebutkan bahwa 70% penyakit jantung dapat dicegah dengan konsumsi makanan yang tepat. Selain itu, hal ini juga berhubungan dengan penurunan risiko terkena aterosklerosis atau penyempitan arteri, yang mana merupakan salah satu penyebab umum munculnya serangan jantung. Oleh sebab itu, kali ini Anda diajak mengetahui beberapa makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang sebaiknya ada pada menu harian.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

6 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

  1. Ikan salmon

Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 DHA dan EPA. Menurut penelitian disebutkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan risiko gangguan irama jantung, sekaligus juga menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko pembekuan. Selain itu, salmon juga dipercaya dapat menurunkan trigliserida darah dan peradangan.

Dalam studinya, The American Heart Association merekomendasikan untuk kita mengonsumsi sekitar 2 porsi ikan salmon setiap minggu. Anda juga bisa mengonsumsi minyak ikan salmon dengan kataran yang sama.

  1. Kacang hitam

Ada banyak kandungan pada kacang hitam yang cocok untuk menjaga kesehatan jantung. Di antaranya ada senyawa bernama niasin, vitamin B-kompleks, asam lemak omega-3, serat, kalsium, dan magnesium. Senyawa-senyawa tersebut nantinya dapat membantu tubuh mengontrol kadar kolestrol dan gula darah.

Ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi kacang hitam sebanyak 4 porsi atau lebih setiap minggunya. Anda bisa mengolah kacang hitam bersama dengan lauk pauk. Misalnya saja dengan memasukkan kacang tersebut ke dalam salad ataupun sup.

  1. Coklat hitam

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung lainnya yang tidak kalah penting untuk ada di daftar makanan sehari-hari adalah coklat hitam. Mungkin rasanya tidak selezat coklat pada umumnya. Namun jika membandingkannya dengan manfaat yang timbul, maka coklat hitam adalah pemenangnya. Berbeda dengan coklat lain, coklat hitam memiliki kandungan kokoa sebanyak 70%, yang mana kandungan tersebut baik untuk jantung.

Baca...  8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Selain itu coklat hitam juga diperkaya dengan senyawa bernama flavonol, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, serta meningkatkan aliran darah ke jantung.

Anda hanya perlu mengonsumsi sedikit coklat hitam setiap hari agar tekanan darah dapat diturunkan dan fungsi jantung dapat terjaga kesehatannya.

  1. Jeruk

Buah jeruk kaya akan beta-cryptoxanthin, lutein, flavonoid, serat, folat, kalium, dan alfa-karoten, yang mana sangat baik untuk organ jantung. Selain itu kita juga tahu bersama bahwa jeruk kaya akan vitamin C, yang mana dapat membantu menurunkan risiko terkena stroke, karena kemampuannya dalam meningkatkan suplai darah ke jantung.

Kandungan lainnya pada jeruk juga cocok untuk membantu meningkatkan fungsi dari pembuluh darah, mengurangi risiko peradangan arteri, serta membantu mengontrol tekanan darah. Untuk penggunaannya sendiri bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat menjadi jus.

  1. Bluberi

Buah bluberi juga memiliki manfaat yang baik untuk organ jantung. Ada banyak senyawa di dalam bluberi yang sangat baik untuk tubuh manusia, seperti kalsium, magnesium, vitamin C, lutein, antosianin, kalium, dan serat. Konsumsi buah bluberi setidaknya 1 porsi setiap minggu.

  1. Kenari

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang terakhir pada daftar kali ini adalah kenari. Kandungan asam lemak omega-3, magnesium, vitamin E, folat, lemak tak jenuh, serta serat pada kenari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, mengurangi peradangan pada arteri, sekaligus menurunkan risiko terkena diabetes.

Anda bisa mengonsumsi kenari dengan diolah terlebih dahulu menjadi berbagai jenis makanan, seperti pasta, salad, kue, ataupun pancake.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *