6 Fakta Tentang Kentang: Menyehatkan atau Merugikan Terhadap Kesehatan?

6 Fakta Tentang Kentang: Menyehatkan atau Merugikan Terhadap Kesehatan?

 

Kentang merupakan sayuran akar serbaguna yang sudah banyak digunakan untuk berbagai macam masakan dan dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Meskipun banyak orang yang menganggap bahwa kentang merupakan makanan yang menyehatkan, tetapi sayuran lezat ini masih menuai kontroversi.

Karena kadar pati yang dimilikinya, banyak orang percaya bahwa kita harus tetap membatasi asupannya. Selain itu, kentang juga sudah umum dikaitkan dengan makanan-makanan kurang menyehatkan dan terproses seperti kentang goreng dan keripik kentang.

Disamping dari kontroversi, kentang masih mengandung banyak sekali nutrisi yang berguna untuk manfaat kesehatan tubuh anda. Satu buah kentang yang telah dimasak beserta kulitnya memiliki kandungan seperti berikut:

  • Kalori: 168
  • Lemak: 0 gram
  • Protein: 5 gram
  • Karbohidrat: 37 gram
  • Serat: 4 gram
  • Sodium: 24 miligram
  • Vitamin C: 37% dari RDI
  • Vitamin B6: 31% dari RDI
  • Kalium: 27% dari RDI
  • Mangan: 20% dari RDI

Jadi, apakah kentang itu menyehatkan atau tidak? Jawabannya ada dalam fakta-fakta tentang kentang di bawah ini.

 

  • Kentang Mengandung Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang mencegah pembentukan radikal bebas yang berbahaya, yaitu sejenis atom reaktif yang berkumpul di tubuh anda dan berkontribusi terhadap berbagai macam penyakit kronis. Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat mencegah jenis-jenis penyakit kronis yang diakibatkan oleh radikal bebas seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Kentang merupakan sumber antioksidan yang sangat baik seperti jenis flavonoid, karotenoid dan asam fenolik.

 

  • Kentang Menyediakan Pati Resistan

Pati resistan merupakan jenis pati yang tidak bisa dicerna dalam usus halus anda. Sebagai gantinya, pati tersebut dapat melewati usus besar dimana dapat memberi makan bakteri baik di dalam saluran pencernaan anda. Pati resistan telah dikaitkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan, terutama dalam mengontrol gula darah dan sensitivitas insulin.

Baca...  Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Meskipun pada dasarnya kentang mentah juga mengandung sejumlah pati resistan, tetapi alangkah baiknya anda untuk memasaknya terlebih dahulu karena dapat membunuh bakteri dan menurunkan kadar antinutrisi, dimana keduanya dapat mengganggu tubuh anda dalam penyerapan nutrisi. Penelitian lainnya telah menunjukkan bahwa pati resistan dapat mengurangi makan berlebih, meningkatkan penyerapan nutrisi dan memperbaiki kesehatan saluran pencernaan.

 

  • Kentang Dapat Mengenyangkan

Kentang telah diakui sebagai salah satu makanan yang sangat mengenyangkan. Sebuah penelitian yang membandingkan antara asupan nasi, kentang dan pasta terhadap 11 orang peserta menemukan bahwa kentanglah jenis makanan yang paling mengenyangkan dan dapat menyebabkan penurunan asupan kalori secara keseluruhan, sehingga bisa membantu proses penurunan berat badan seseorang. Terlebih lagi, kulit kentang mengandung sejumlah serat yang bergerak secara perlahan di dalam tubuh anda sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

 

  • Jenis KentangĀ  Tertentu Dapat Meningkatkan Berat Badan

Meskipun pada dasarnya kentang dapat membantu anda menurunkan berat badan, tetapi jenis tertentu malah dapat memberikan efek yang sebaliknya. Penelitian menunjukkan bahwa kentang terproses seperti keripik kentang dan kentang goreng merupakan dua jenis makanan yang paling berkontribusi terhadap kenaikan berat badan.

Jenis kentang terproses seperti keripik kentang dan French fries mengandung lebih banyak kalori dan lemak dibandingkan dengan kentang yang direbus.

 

  • Mengkonsumsinya Terlalu Sering Dapat Meningkatkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi kentang telah dikaitkan dengan meningkatnya tekanan darah. Hal ini mungkin karena disebabkan oleh tingginya muatan glikemik yang dimilikinya. Sementara penelitian juga telah mengaitkan antara asupan makanan yang tinggi glikemik dengan tekanan darah tinggi.

  • Kentang Mengandung Glycoalkaloid

Glycoalkaloid termasuk ke dalam keluarga senyawa kimia beracun yang biasa di temukan dalam sayuran nightshade. Kentang juga mengandung senyawa tersebut yang secara spefisik disebut dengan solanine dan chaconine. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi, glycoalkaloid ini dapat menjadi racun dan merugikan terhadap kesehatan tubuh anda.

Baca...  5 Manfaat yang Bisa Didapatkan Dari Mengkonsumsi Mentimun

Beberapa gejala yang bisa disebabkan oleh racun tersebut diantaranya mengantuk, meningkatkan sensitivitas, gatal-gatal dan masalah gangguan pencernaan. Tetapi, jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar tidak akan memberikan efek negatif yang berbahaya.

 


Catatan

Kentang memiliki kandungan yang tinggi akan vitamin, mineral, antioksidan, serat dan pati resistan. Tetapi, kentang juga bisa memberikan efek negatif di saat yang bersamaan seperti menaikan berat badan dan meningkatkan tekanan darah, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar.

Dengan begitu, memperhatikan seberapa banyak yang anda makan dan bagaimana cara memasaknya memiliki pengaruh yang besar terhadap efek kesehatan tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *