Meningkatkan Energi di Dalam Tubuh

6 Cara Alami Meningkatkan Energi di Dalam Tubuh

Merasa lelah atau kehabisan energi sebelum waktunya, pasti semua orang pernah mengalaminya. Kondisi ini bisa sangat mengganggu sisa aktivitas yang harus anda kerjakan di siang atau sore hari, dan terkadang membuat anda tidak bisa menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman sepulang kerja karena memilih untuk pulang dan tidur secepatnya.

 

6 Cara Alami Meningkatkan Energi di Dalam Tubuh

Menurut Samantha Heller, MS, RD, seorang ahli gizi dari New York University mengatakan bahwa rasa lelah juga bisa berujung pada meningkatnya kadar frustasi seseorang dan akan merasa kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang sederhana dan mudah sekalipun.

Jika anda pernah atau tengah menderita kondisi tersebut, anda bisa melakukan cara-cara tertentu atau mendapatkan asupan makanan yang dapat memulihkan energi anda dalam waktu singkat maupun dalam jangka panjang. Dan melalui artikel ini, kita akan membahas beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan tingkat energi anda. Semoga bermanfaat!

 

Tingkatkan Asupan Magnesium Anda

Mendapatkan asupan makanan yang seimbang bisa membantu tubuh anda mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Tetapi jika anda masih mengalami rasa lelah sepanjang hari, kemungkinan tubuh anda kekurangan asupan magnesium. Mineral ini dibutuhkan dalam membantu proses di lebih dari 300 reaksi kimia di dalam tubuh anda, termasuk memecah glukosa ke dalam energi. Sehingga, ketika tingkat magnesium anda rendah, maka akan berdampak pada tingkat energi anda.

Baca...  7 Manfaat Berjalan Kaki Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Asupan harian magnesium yang disarankan adalah sekitar 300 miligram untuk wanita dan 350 miligram untuk pria. Untuk memastikan anda mendapatkan magnesium yang cukup, cobalah beberapa makanan sehat seperti kacang almond, hazelnut, kacang mede, gandum utuh, dan ikan berlemak.

 

Berjalan-jalan

Banyak orang mengira bahwa rasa lelah anda akan semakin menjadi-jadi jika anda terlalu banyak bergerak, atau bahkan berjalan-jalan. Namun ternyata, efeknya malah berkebalikan. Para ahli mengatakan bahwa meningkatkan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan malah bisa meningkatkan tingkat energi anda sekalipun anda sudah merasa kelelahan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Robert Thayer, PhD, dari California State University, berjalan cepat selama 10 menit tidak hanya dapat meningkatkan energi anda, tetapi juga memberikan efek tersebut bahkan hingga 2 jam. Dan jika anda melakukan aktivitas tersebut selama 3 minggu berturut-turut, maka dapat meningkatkan kadar energi dan memperbaiki suasana hati anda secara bersamaan.

 

Tidur Siang

Penelitian telah menunjukkan bahwa informasi yang berlebihan dapat mendorong otak anda dan membuat anda kehilangan banyak energi. Tetapi penelitian lainnya yang dilakukan di National Institutes of Mental Health juga menemukan jalan keluarnya, yaitu dengan tidur siang selama 60 menit. Tidak hanya dapat mengembalikan energi anda, tidur siang yang sebentar juga dapat mempertahankan informasi yang telah anda cerna sebelumnya.

 

Kurangi Stres dan Bersabar

Salah satu penguras energi terbesar adalah stres. Kondisi ini dapat menyebabkan anda merasa cemas, sementara kecemasan tersebut dapat menggunakan seluruh energi di dalam tubuh anda. Selain itu, stres dan marah-marah juga dapat membuat anda merasa lelah baik secara fisik maupun mental. Dalam jangka panjang, stres tersebut dapat mengikis tingkat energi anda sehingga membuat anda merasa lesu sepanjang hari meskipun tidak melakukan apapun.

Baca...  Cara Menghilangkan Bau Mulut tak Sedap dengan Cepat

 

Minum Lebih Banyak Air

Anda mungkin pernah mendengar bahwa tubuh anda tidak bisa membedakan antara haus dan lapar, sehingga terkadang ketika anda merasa haus maka tubuh anda malah memberikan sinyal perasaan lapar. Tapi tahukah anda bahwa rasa haus juga bisa diakibatkan oleh perasaan lelah?

Menurut Keith Ayoob, EdD, RD, seorang ahli gizi dan profesor dari Albert Einstein School of Medicine di New York mengatakan bahwa terkadang dehidrasi ringan juga dapat membuat anda merasa lelah dan lesu. Sehingga disarankan untuk mendapatkan asupan cairan untuk mengatasi rasa lelah tersebut.

 

Hindari Minuman Beralkohol

Meskipun pada dasarnya minuman beralkohol termasuk ke dalam cairan, tetapi sama sekali tidak akan mengobati rasa lelah anda. Hal ini karena alkohol dapat membantu anda tertidur, tetapi malah akan membuat anda lebih sering terbangun di malam hari. Artinya, anda tidak akan mendapatkan tidur berkualitas dan berdampak pada tingkat energi anda pada keesokan harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *