Manfaat Mentimun

5 Manfaat yang Bisa Didapatkan Dari Mengkonsumsi Mentimun

Meskipun sering dianggap sebagai sayuran, tetapi sebenarnya mentimun masuk ke dalam jenis buah-buahan. Mentimun sangat kaya akan nutrisi, serta mengandung senyawa tanaman tertentu dan antioksidan yang dapat membantu mencegah serta mengobati beberapa kondisi kesehatan. Terlebih lagi, mentimun sangat rendah kalori dan mengandung sejumlah air serta serat larut, menjadikannya makanan yang sempurna untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sekaligus membantu menurunkan berat badan.

 

5 Manfaat Mengkonsumsi Mentimun

 

Mentimun mengandung vitamin dan mineral penting untuk tubuh anda. Satu buah mentimun memiliki kandungan seperti berikut:

  • Kalori: 45
  • Lemak total: 0 gram
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 14% dari RDI
  • Vitamin K: 62% dari RDI
  • Magnesium: 10% dari RDI
  • Kalium: 13% dari RDI
  • Mangan: 12% dari RDI
  • Air: 96%

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan anda memakan mentimun beserta dengan kulitnya. Jika anda mengupasnya, maka anda bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan sejumlah serat, vitamin dan mineral. Selain itu, terdapat pula beberapa manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan tubuh yang telah kami rangkum di bawah ini.

1 | Mentimun Mengandung Antioksidan

Antioksidan merupakan molekul yang dapat menghalangi oksidasi, yaitu sejenis reaksi kimia yang membentuk atom reaktif dengan elektron tak berpasangan yang dikenal dengan radikal bebas. Akumulasi dari radikal bebas berbahaya ini dapat menyebabkan anda terkena berbagai macam penyakit kronis.

Baca...  Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Faktanya, stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas telah dikaitkan dengan kanker, penyakit jantung, paru-paru, dan autoimun. Buah-buahan dan sayuran – termasuk mentimun – sangat kaya akan antioksidan, sehingga dapat mengurangi resiko anda terkena kondisi-kondisi mengerikan tersebut.

2 | Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi

Air sangat penting untuk fungsi tubuh anda karena memainkan berbagai macam peran penting seperti terlibat dalam proses pengaturan suhu tubuh dan mengangkut produk limbah serta nutrisi. Faktanya, tetap terhidrasi dengan baik dapat mempengaruhi segala hal mulai dari performa fisik hingga metabolisme. Karena mentimun mengandung sekitar 95% air, buah ini sangat efektif dalam menjaga agar tubuh anda tetap terhidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan harian anda.

3 | Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Mentimun dapat membantu menurunkan berat badan anda dalam beberapa cara. Pertama, buah ini sangat rendah kalori sehingga anda bisa mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar tanpa harus mendapatkan banyak kalori. Kandungan air dalam mentimun juga dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah analisa yang melibatkan 13 penelitian dan 3.628 orang menemukan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan air dan rendah kalori dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

4 | Dapat Menurunkan Kolesterol

Penelitian telah menunjukkan bahwa mentimun mengandung senyawa yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Senyawa-senyawa tersebut termasuk fitosterol (atau sterol tumbuhan) yang dapat anda temukan dalam berbagai macam jenis buah-buahan dan sayuran.

Bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa sterol tanaman dapat menurunkan kadar kolesterol LDL rata-rata sebanyak 5-15% terhadap kebanyakan orang. Mentimun juga mengandung pektin, yaitu sejenis serat larut alami yang dapat menurunkan kolesterol darah.

5 | Membantu BAB Secara Teratur

Dehidrasi merupakan faktor utama anda terkena konstipasi karena dapat mengubah keseimbangan air dan membuat kotoran dalam perut anda sulit untuk bergerak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mentimun sangat kaya akan air dan dapat mempromosikan hidrasi. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat mencegah konstipasi dan membantu menjaga agar anda dapat buang air besar secara lebih lancar dan teratur.

Baca...  Apa Itu Karotenoid Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Terlebih lagi, mentimun mengandung serat yang dapat membantu mengatur pergerakan usus. Secara sfesifik, jenis serat larut bernama pektin yang ditemukan dalam mentimun dapat membantu meningkatkan frekuensi pergerakan usus di dalam tubuh anda.

 


Catatan

Buah mentimun sangatlah menyegarkan, bernutrisi dan sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, buah ini memiliki banyak sekali vitamin dan mineral penting, serta memiliki kandungan air yang sangat melimpah.

Memasukan mentimun ke dalam daftar makanan atau pola makan anda merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kesehatan secara optimal agar tubuh anda tetap bisa terhidrasi, buang air besar secara teratur, mengurangi kolesterol jahat, dan kadar gula darah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *