5 Cara yang Bisa Anda Lakukan Hari Ini Untuk Menjaga Jantung Sehat

Penyakit jantung bukanlah penyakit sepele yang bisa disembuhkan dengan mudah. Menurut American Heart Association mengatakan bahwa penyakit kardiovaskular menjadi penyebab kematian utama di Amerika. Lantas, bagaimana dengan di Indonesia?

Indonesia pun tidak luput dari ancaman penyakit tersebut. Menurut data yang diambil dari AhlinyaPenyakitJantung.web.id menunjukkan bahwa di Indonesia sendiri sudah terdapat 1,8 juta kasus kematian akibat penyakit jantung di tahun 2014. Ironisnya, penyebab dari penyakit jantung tersebut kebanyakan disebabkan oleh rokok.

Meskipun penyakit jantung tetap bisa menjangkiti siapapun akibat jeleknya gaya hidup seseorang, tetapi masih terdapat hal-hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan. Terdapat sekurang-kurangnya 5 cara mudah yang bisa anda lakukan dimulai dari hari ini untuk melawan penyakit jantung yang bisa menyerang anda kapan saja.

5 Cara Untuk Menjaga Jantung Sehat


 

  • Ambil Nafas Panjang

Mengambil nafas panjang seperti yang dilakukan saat latihan yoga bisa menjadi obat ampuh dalam melawan stres, sehingga secara langsung dapat menenangkan ketegangan di dalam tubuh dan pikiran anda. Aktivitas tersebut dapat menenangkan serta mengendurkan pembuluh darah dan jantung, sehingga dapat menurunkan tekanan darah yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung dan stroke.

Dimulai dari hari ini, cobalah untuk merutinitaskan kegiatan bernafas panjang selama 10 hingga 15 menit. Anda bisa duduk dan menenangkan diri sebanyak 2 kali sehari. Tutup mata anda dan bernafaslah secara panjang dan perlahan sambil membayangkan tempat-tempat atau pemandangan yang dapat membuat anda merasa tenang dan damai.

 

  • Konsumsi Ikan Berlemak

Menurut Dr. William Castelli, seorang direktur medis dari program kesehatan di Metro West Medical Center di Framingham, Massachusetts, menyarankan untuk mengubah makanan-makanan berprotein yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol dengan ikan yang menyehatkan sekurang-kurangnya 2 kali dalam seminggu. Beberapa ikan yang bisa anda pilih diantaranya sarden, ikan asin, salmon, makarel, atau tuna.

Baca...  5 Kebiasaan Agar Terhindar dari Sakit Gigi

Ikan berlemak tersebut mengandung banyak sekali kandungan asam lemak omega-3 yang sudah terkenal dapat memberikan manfaat kesehatan terhadap jantung bagi siapa saja yang memakannya.

 

  • Hindari Kopi, Rokok, dan Dapatkan Tidur di Malam Hari

Mungkin ini terdengar menjengkelkan, tapi cobalah untuk berhent merokok! Kegiatan seperti menghisap kepulan asap dari sebatang rokok dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, serta pembekuan di dalam pembuluh darah anda. Selain itu, kurangi asupan kafein yang biasa terdapat dalam kopi, teh, soft drink dan coklat.

Berbeda dengan merokok yang harus dihentikan sepenuhnya, mengurangi asupan kafein artinya tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi lebih dari 2 gelas sehari.

Selain itu, hindari juga begadang jika tidak terpaksa. Ketika berbicara mengenai penyakit jantung, mendapatkan cukup tidur yang berkualitas di malam hari merupakan sebuah kewajiban yang harus anda dapatkan setiap malamnya. Tidur dengan kualitas yang jelek dapat memberikan resiko anda terkena pengembangan tekanan darah tinggi yang mengarah ke penyakit kronis.

 

  • Olahraga Sambil Duduk

Berolahraga sangat penting untuk kesehatan jantung anda, tetapi bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu karena pekerjaan yang menumpuk, anda pun masih bisa melakukan olahraga sambil duduk di depan meja kerja anda. Tentu saja, olahraga jenis ini pun masih bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah terkena penyakit kronis terkait tekanan darah tinggi.

Sebut saja latihan isometrik yang bisa dilakukan dimana saja dan hanya membutuhkan sedikit gerakan. Isometrik bisa melibatkan otot-otot besar tanpa harus menggerakkan seluruh bagian tubuh anda. Misalnya, pegangan tangan statis atau pelenturan otot di pantat. Caranya sangat mudah, cobalah untuk memegang paha bagian atas anda selama 2 menit, kemudian lepaskan dan tenangkan otot anda selama 2 menit berikutnya. Anda bisa mengulanginya hingga 5 kali dan itu hanya membutuhkan sekitar 20 menit latihan di tempat kerja anda.

Baca...  Obat Herbal Diabetes Alami dan Tradisional

 

  • Milikilah Alat Monitor Tekanan Darah

Cara ini membutuhkan sedikit uang, tetapi lebih murah jika dibandingkan dengan memeriksakan diri anda ke dokter secara rutin. Tekanan darah yang sehat menjadi tanda dari jantung yang sehat pula, serta memantaunya dari waktu ke waktu bisa membuat anda mencegah terkena tekanan darah tinggi yang bisa datang tanpa diduga-duga akibat makanan yang anda konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *