4 Fakta dan Manfaat Pati Resisten Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kebanyakan karbohidrat dalam makanan adalah bentuk pati, yaitu rantai glukosa panjang yang bisa ditemukan dalam gandum, kentang, dan berbagai macam makanan lainnya. Tetapi tidak semua pati yang anda makan bisa dicerna oleh tubuh anda. Terkadang, bagian kecil dari pati tersebut bisa melalui saluran pencernaan tanpa berubah bentuk. Dengan kata lain, pati sangat tahan terhadap proses pencernaan.

Jenis pati yang tidak bisa dicerna tersebut adalah pati resisten, dimana hampir memiliki fungsi yang sama dengan serat larut. Sudah banyak penelitian yang dilakukan dan menunjukkan bahwa pati resisten ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa untuk tubuh anda. Manfaat-manfaat tersebut termasuk meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi kadar gula darah, mengurangi perasaan lapar, dan berbagai macam manfaat kesehatan pencernaan lainnya.

 

Fakta dan Manfaat Pati Resisten

Untuk Kesehatan Tubuh Anda


 

Pati Resisten Memiliki Lebih Dari Satu Jenis

Tidak semua pati resisten itu sama. Setidaknya, terdapat 4 macam jenis pati resisten yang berbeda, diantaranya:

  • Tipe 1: Ditemukan dalam gandum, biji-bijian dan kacang-kacangan. Jenis ini tidak dapat dicerna karena terikat di dalam dinding sel berserat.
  • Tipe 2: Ditemukan dalam makanan bertepung termasuk kentang mentah dan pisang yang masih hijau
  • Tipe 3: Terbentuk saat jenis makanan berpati tertentu – termasuk kentang dan nasi – dimasak kemudian didinginkan. Proses pendinginan tersebut mengubah beberapa pati yang mudah dicerna ke dalam pati resisten melalui proses yang disebut retrogradasi.
  • Tipe 4: Buatan manusia yang terbentuk melalui proses kimia.

Meskipun begitu, mengenali jenis-jenis pati tidak sesederhana yang dipikirkan karena beberapa jenis pati dapat hadir dalam makanan yang sama. Seperti contohnya, ketika anda membiarkan pisang hingga matang, maka akan mengubah pati resisten menjadi jenis pati biasa.

Baca...  7 Jenis Makanan yang Mengandung Antioksidan

 

Pati Resisten Dapat Memberi Makan Bakteri Baik

Pati resisten bekerja sama persis seperti serat larut dan bisa difermentasi. Jenis pati ini akan bergerak melalui perut dan usus halus anda tanpa bisa dicerna, hingga akhirnya sampai ke usus besar dimana akan menjadi makanan untuk para bakteri baik dalam saluran pencernaan anda. Sebenarnya, terdapat ratusan spesies bakteri berbeda yang hidup di dalam perut anda. bahkan dalam beberapa puluh tahun terakhir ini, para peneliti menemukan bahwa jumlah dan jenis bakteri tertentu yang ditemukan dalam perut bisa memberikan manfaat kesehatan.

Dengan kata lain, mengkonsumsi makanan yang mengandung pati resisten secara tidak langsung akan menjaga kesehatan tubuh, terutama saluran pencernaan anda. Pati resisten akan dimakan oleh bakteri baik dalam perut anda, dan kemudian mereka akan mencernanya ke dalam bentuk senyawa seperti gas dan asam lemak rantai pendek yang disebut dengan butirat.

 

Pati Resisten Merupakan Makanan Super Untuk Pencernaan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ketika pati resisten dicerna oleh bakteri baik, maka akan berubah menjadi asam lemak rantai pendek yang disebut butirat. Asam lemak ini sebenarnya merupakan bahan bakar yang disukai oleh sel-sel dan melapisi usus besar. Dengan kata lain, pati resisten dapat memberi makan bakteri baik dan secara tidak langsung dapat memberi makan sel-sel di dalam usus besar anda dengan cara meningkatkan kadar butirat di sana.

Manfaat dari pati resisten untuk pencernaan anda sangatlah beragam, seperti mengurangi kadar pH, mengurangi peradangan, dan mengurangi resiko anda terkena kanker kolorektal. Selain itu, asam lemak rantai pendek yang tidak digunakan oleh usus besar akan menyebar ke seluruh tubuh, terutama masuk ke dalam aliran darah dan hati, dimana akan memberikan keuntungan lain untuk tubuh anda.

Baca...  Makanan Sehat dan Bergizi untuk Diet Alami

Karena efek pengobatannya di dalam usus besar, pati resisten sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam gangguan pencernaan dimulai dari penyakit radang usus seperti Ulcerative Colitis dan Crohn, konstipasi, diverticulitis, hingga diare.

 

Bermanfaat Untuk Meningkatkan Sensitivitas Insulin, Mengurangi Kadar Gula Darah dan Mendukung Kesehatan Metabolisme

Pati resisten memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan metabolisme dalam tubuh anda. beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa pati jenis ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah setelah makan. Manfaat ini bisa saling berhubungan satu sama lain.

Pertama, pati resisten dapat meningkatkan sensitivitas insulin karena jika anda memiliki sensitivitas insulin yang rendah maka bisa menyebabkan anda terkena berbagai macam penyakit berbahaya termasuk sindrom metabolik, diabetes tipe-2, obesitas, penyakit kardiovaskular dan Alzheimer. Tetapi dengan meningkatan sensivitas insulin tidak hanya dapat mencegah penyakit-penyakit yang telah disebutkan di atas, melainkan juga dapat menurunkan gula darah anda secara tidak langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *